Perusahaan Palsukan Data, TKI Bisa Disiksa

TKW NTT
Sumber :
  • VIVAnews/ Adri Irianto

VIVAnews - Sejumlah masalah yang membelit tenaga kerja Indonesia di luar negeri  disebabkan oleh sejumlah hal  Bukan saja disebabkan oleh kelalaian tenaga kerja. Tapi juga karena  Perusahaan Jasa TKI atau PJTKI. Tak jarang perusahaan yang memberangkatkan TKI itu ikut memalsukan data para TKI.

Akibatnya si penerima jasa yang merasa ditipu menjadi kecewa. Ketidakpuasan pengguna jasa TKI itu bisa berbuntut panjang. "Pihak penerima tidak puas. Efeknya malah jadi menyiksa TKI," kata pengamat ekonomi, Rhenald Kasali, di sela acara Green Festival, Cinere, Depok, Sabtu 25 Juni 2011.

Rhenald menyarankan agar momen moratorium atau penghentian sementara pengiriman TKI ke Arab Saudi ini juga menjadi ajang introspeksi bagi para pengusaha PJTKI. Moratorium ini jangan ditanggapi emosional dengan melulu menyalahkan negara penerima TKI. "Padahal kita juga salah dan harus ada introspeksi diri" ujar Rhenald.

Rhenald berharap para pemimpin negeri ini tidak hanya memberikan perlindungan hukum maksimal kepada para TKI. Tapi juga membekali TKI sehingga menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi.

"TKI kita saat ini kekurangan rasa percaya diri karena tidak memiliki keterampilan yang baik atau semacam pembekalan," kata pria yang juga guru besar bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini.

Rhenald mencontohkan seperti para pekerja Filipina yang kerap dibekali sebelum terjun ke dunia kerja di luar negeri. Dampak positifnya, jarang ada kasus penyiksaan terhadap tenaga kerja asal Filipina.

Cek Fakta: Timnas Uzbekistan Diblacklist AFC dan FIFA karena Pakai Doping
Sosok Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah

Sosok Jenderal TNI Bintang 1 Termuda, Eks Pentolan Grup 2 Kopassus

Sosok Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah disebut-sebut sebagai jenderal bintang 1 termuda di Indonesia saat ini.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024