KNKT Investigasi Pesawat Jatuh di Padang

Pesawat yang jatuh di Minang Aero Sport, Padang
Sumber :
  • Antara/ Arif Pribadi

VIVAnews - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan penyelidikan atas jatuhnya pesawat aeromodeling peserta Minang Aero Sport di jalan Galaxi, Perumdam Tunggul Hitam, Padang.
Tragedi ini menelan korban jiwa pilot senior dari Malaysia, Kolonel Penerbang (Purn) Zakaria bin Saleh.

“Saat ini penyelidikannya ditangani KNKT. Kami hanya menunggu hasil investigasinya,” ujar Komandan Landasan Udara Tabing Padang, Kolonel Penerbang Awang Kurniawan pada VIVAnews, Senin, 27 Juni 2011.

Menurut Awang, untuk penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat Christen Eagle N21H buatan Amerika ini KNKT melakukan investigasi terhadap pesawat yang hancur. Pemilik pesawat pun telah menyepakati KNKT yang mencari penyebab jatuhnya pesawat.

“Serah terima pesawat yang jatuh dari pemilik ke KNKT sudah dilakukan,” tambah Awang.

Pesawat akrobatik buatan Amerika ini jatuh Kamis sore, 23 Juni 2011 sekitar pukul 18.00 WIB. Menurut saksi mata, pesawat jatuh setelah melakukan aksi di langit Tunggul Hitam—tak jauh dari Bandara Lanud Tabing. Pesawat yang dipiloti Zakaria bin Saleh mengeluarkan asap tebal dan menukik ke bumi.

Tubuh pesawat dilaporkan patah tiga karena kejadian naas ini. Pesawat sempat menerabas pohon rambutan di depan rumah warga dan jatuh di areal tanah kosong. Pilot senior Angkatan Udara Malaysia ini sempat dilarikan ke RS M Djamil Padang dan dinyatakan meninggal.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Aksi Zakaria merupakan tes fly sebelum berpartisipasi dalam Minang Aero Sport keesokan harinya. Lihat juga detik-detik jatuhnya pesawat dalam video di tautan ini.

Menurut Awang, pesawat yang dipiloti Zakaria bin Saleh (57) baru berumur empat tahun. Sebelum test fly, pesawat ini dinyatakan layak terbang.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono putro berusaha memberi motivasi para pemain usai kembali menelan kekalahan secara beruntun di Liga 1. Mereka kalah dari Persebaya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024