Kecolongan Lagi, MA Perketat Pengawasan Hakim

Gedung Mahkamah Agung
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Satu lagi hakim tertangkap tangan saat diduga sedang menerima suap. Kemarin malam, Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap hakim pengadilan hubungan industrial berinisial ID.

Penangkapan hakim perempuan itu menambah daftar hakim yang dicokok KPK. Bulan lalu, KPK menangkap hakim Syarifuddin saat diduga menerima suap Rp250 juta dari kurator PT Skycamping Indonesia, Puguh Wirawan. Sebelumnya, ada juga hakim Ibrahim yang juga tertangkap saat menerima suap Rp300 juta.

Mahkamah Agung menegaskan akan melakukan pengawasan yang lebih ketat dan memperbanyak sosialisasi sebagai tindakan protektif. "Dan juga akan diminta kepada seluruh pimpinan pengadilan tingkat banding supaya betul-betul secara ketat mengawasi hakim-hakim, baik yang karir atau ad hoc yang berada di wilayahnya masing-masing," jelas juru bicara MA Hatta Ali saat dihubungi, Jumat, 1 Juli 2011.

Hatta belum bisa memastikan sanksi apa yang akan diberikan kepada hakim ID karena belum adanya surat penangkapan yang kemudian diikuti dengan penahanan meski KPK telah memiliki barang bukti. "Iya tapi kan surat penangkapan penahanan belum kami terima. Kalau itu sudah ada akan segera dilakukan pemberhentian sementara," tegasnya.

Mahkamah Agung juga menyambut baik permintaan Komisi Yudisial yang mengajak duduk bersama untuk masalah seleksi hakim. "Saya kira baik dan tidak ada salahnya. Memang selama ini walaupun tanpa duduk bersama, kita masing-masing melaksanakan pengawasan. Yang penting yang kita awasi adalah masalah pelanggaran kode etik perilaku hakim, jangan yang bersifat teknis," ungkap dia.

Sementara di Bali, Ketua Mahkamah Agung, Harifin A.Tumpa mengatakan, MA akan menerbitkan surat pemberhentian sementara kepada hakim ID, untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut. “Kita akan berhentikan sementara kepada yang bersangkutan,” katanya.

Nantinya, setelah persidangan memutuskan yang bersangkutan terbukti bersalah, baru MA akan mengambil tindakan tegas berupa pemecatan. “Menunggu proses hukumnya terang benderang dulu. Akan kita putuskan statusnya setelah ada kekuatan hukum tetap,” kata Tumpa. (umi)

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Pelatih TImnas Indonesia, Shin Tae-yong selangkah lagi akan mendapatkan perpanjangan kontrak dari PSSI. Erick Thohir memastikan jika hal itu dapat dicapai.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024