Gunung Soputan Meletus, Awan Panas Keluar

Asap Letusan Gunung Sinabung
Sumber :

VIVAnews - Gunung meletus kembali melanda Indonesia. Kali ini musibah alam tersebut terjadi di Gunung Soputan, Sulawesi Utara pada pukul 06.03 Waktu Indonesia Tengah (WITA) dengan letusan abu vulkanik setinggi 6 kilometer disertai awan panas ke arah barat.

"Tadi pagi pukul 06.03 WITA terjadi letusan eksplosif dengan ketinggian 6 kilometer," Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Dr Surono kepada VIVAnews, Minggu, 3 Juli 2011. 

Surono menjelaskan, petugas sudah memantau pergerakan Gunung Soputan sejak kemarin. Hal ini ditandai dengan keputusan menaikan status Gunung Soputan dari sebelumnya berstatus waspada menjadi siaga. "Sekitar pukul 23.00 WITA, kami menaikan status Gunung Soputan," kata dia.

Ditambahkannya, pergerakan Gunung Soputan terus mengalami peningkatan ditandai dengan kejadian muntahan material pijar seperti kembang api atau biasa dikenal strombolian pada Minggu dini hari, sekitar pukul 00.24 WITA.

Puncaknya, Gunung Soputan akhirnya meletus pada pagi tadi dengan memuntahkan lava setinggi 6 kilometer.

Surono memastikan, kendati letusan Gunung Soputan tersebut disertai awan panas, PVMBG menganggap tidak perlu dilakukan langkah pengungsian masyarakat sekitar lokasi letusan. Alasannya, jarang antara gunung dengan pemukiman warga umumnya sangat jauh yaitu sekitar 8 kilometer.

Akibat letusan tersebut, Surono mengungkapkan dampak di lapangan sudah mulai terlihat seperti pohon-pohon yang bertumbangan karena terkena abu vulkanik dari letusan Gunung Soputan.

"Kami tidak tahu apakah letusan tadi pagi sudah menjadi puncak dari aktivitas Gunung Soputan," kata dia.

Di samping Gunung Soputan, PVMBG mengakui pihaknya saat ini juga terus memantau pergerakan Gunung Lokon.

Seperti dikutip VIVAnews.com dari laman wikipedia disebutkan Gunung Soputan sudah sering kali meletus. Catatan terakhir menunjukan, letusan terakhir pernah terjadi pada tahun 2004, 2005, 2007, dan 2008. Tipe erupsi dari Soputan adalah ledakan, kubah lava, aliran piroklastik dan aktivitas strombolian. (eh)

Kesaksian Marshel Widianto Soal Kondisi Babe Cabita Pasca CT Scan
Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono (Doc: Istimewa)

Antusias Sambut Idul Fitri, Kepala Otorita IKN Takbir Keliling

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono bersama masyarakat turut merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah di Desa Karang Jinawi, Penajam Paser Utara.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024