Menkes Umumkan Susu Berbakteri 8 Juli

Endang Rahayu Sedyaningsih
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, menyatakan siap mengumumkan daftar susu formula yang sudah diteliti ulang. Daftar susu formula yang sudah diteliti ulang itu akan diumumkan kepada publik.

"Kami akan diumumkan merk yang diperiksa, nanti kalian bisa lihat," kata Menteri Kesehatan usai melantik pejabat Eselon I dan II di Aula Kemenkes, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa 5 Juli 2011.

Kementerian Kesehatan, menurut Endang Rahayu, sudah berkoordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, untuk mengumumkan hasil penelitian ulang itu. Susu formula yang diteliti itu merupakan susu yang beredar di pasaran.

Kementerian Kesehatan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengumumkannya pada 8 Juli 2011. Selain itu, nanti juga akan disampaikan bagaimana cara penelitian, lokasi pengambilan sample, dan hasil akhirnya.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Penelitian susu formula kali ini melibatkan tiga institusi yaitu Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan, dan Institut Pertanian Bogor. Penelitian ulang untuk memeriksa apakah susu formula yang beredar di pasaran mengandung Enterobacter sakazakii.

Kisruh masalah susu berbakteri ini muncul saat Institut Pertanian Bogor merilis hasil penelitian terhadap sejumlah sampel susu yang beredar di pasaran tahun 2003-2006. Hasilnya, sejumlah merek terkontaminasi bakteri E. sakazakii.

David ML Tobing, pengacara, lantas menggugat agar Menkes, Badan Pengawas Obat dan Makanan, serta IPB mengumumkan merek susu tersebut pada 2008. Kasusnya menang sampai tingkat kasasi.

Baik Menkes maupun IPB menolak untuk mengumumkan. Kemenkes lantas memberikan surat kuasa khusus untuk Kejaksaan Agung selaku pengacara negara dalam mengajukan upaya peninjauan kembali (PK).

Prabowo dan Megawati

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Salah satu keputusan politik yang ditunggu publik pasca putusan MK adalah sikap politik PDIP. Apakah akan menjadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran, atau ikut bergabung

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024