Menteri Kesehatan

"Yang Diumumkan Bukan Susu Penelitian IPB"

Menteri Kesehatan RI, Endang Rahayu Sedyaningsih.
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri

VIVAnews - Pemerintah akan mengumumkan produk susu formula yang telah diteliti. Namun, produk susu yang diumumkan itu bukan hasil penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diduga mengandung bakteri enterobacter sakazakii.

Demikian disampaikan oleh Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih di Jakarta, Rabu 6 Juli 2011.

"Bukan yang IPB. Nanti yang diumumkan adalah yang kita periksa sekarang," kata Endang.

Menurut dia, pemerintah melakukan pemeriksaan ulang terhadap semua produk susu formula yang beredar di Indonesia sejak April lalu.  Penelitian ulang ini rencananya akan diumumkan pada 8 Juli mendatang. "Kita kan sudah janji akan mengecek semua (produk susu) yang beredar sekarang. Kalau yang IPB punya itu kan lain, itu penelitian, nggak tahu saya," kata dia.

Dia mengatakan, langkah ini merupakan tindak lanjut dari tuntutan masyarakat dan DPR untuk melakukan pemeriksaan susu formula di Indonesia. "Kita akan menjelaskan apa yang kita lakukan tahun ini. Setelah rapat dengan DPR, apa yang diperintahkan, diminta, dan diharapkan itu, kita akan ceritakan," kata dia.

"Merk apa saja yang kita periksa kita akan kasih tahu semua dan hasilnya bagaimana," tambah Endang.

Kasus susu berbakteri pernah masuk ke pengadilan. Seorang pengacara, David ML Tobing menggugat menteri kesehatan ke pengadilan agar mengumumkan daftar merk susu yang diduga mengandung bakteri sebagaiumana hasil penelitian IPB. Gugatan itu dikabulkan pengadilan yang kemudian memerintahkan pengumuman produk berbahaya ini.

Namun, Kementerian Kesehatan menolak perintah tersebut. Tak hanya itu, IPB juga menolak mengumumkan daftar merk susu yang berbahaya tersebut. (sj)

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita
Ria Ricis dan sang putri, Moana.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

Ria Ricis baru-baru ini kembali menjadi sorotan usai membagikan kisahnya sebagai seorang ibu. YouTubers tersebut menceritakan tentang upayanya membeli tiga baby box.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024