Galungan, Pantai Bali Dibanjiri Manusia

Hari Raya Galungan di Bali
Sumber :
  • kutabeach.web.id

VIVAnews - Hari Raya Galungan jatuh pada Rabu ini, 6 Juli 2011. Salah satu ritual dalam hari kemenangan dharma (kebaikan) melawan a-dharma (keburukan) itu adalah melarung sesaji ke pantai.

Tak ayal, hampir seluruh pantai di Bali dibanjiri ribuan manusia. Tak hanya untuk upacara, pengunjung juga memanfaatkan pantai untuk liburan bersama keluarga.

Pantauan di Pantai Lebih, Kabupaten Gianyar, ribuan umat memadati pantai yang sudah tergerus abrasi itu. Saking ramainya, badan jalan pun dijadikan lahan parkir. Kemacetan tak terhindarkan. Tampak pecalang -keamanan desa adat-, Dinas Perhubungan dan aparat kepolisian berjaga mengatur arus lalu lintas.

Ribuan pengunjung juga memadati Pantai Sanur, Denpasar. Rata-rata, mereka mengenakan pakaian adat Bali. Mereka bersembahyang di pinggir pantai sebelum melarung sesaji.

Salah seorang umat yang ditemui, Pande Gede Yudha mengatakan, kedatangannya ke pantai untuk melarung merupakan ritual rutin yang harus dijalani setiap Hari Raya Galungan.

"Kami ke pantai menyerahkan sesaji untuk diberikan berkah. Apa yang sudah kami beri, semoga diberkati, diberi keselamatan, dan dimurahkan rejeki," kata Yudha kepada VIVAnews.com.

Pemandangan sama tampak di Pantai Kuta, Badung. Pantai yang terkenal ke penjuru dunia tersebut ramai dikunjungi umat untuk menggelar ritual yang sama. Pemandangan ini pun menjadi sajian khas tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkesempatan merasakan Galungan di Bali. Sesekali, mereka mengabadikan ritual keagamaan yang jatuh setiap 6 bulan sekali itu.

Usai melarung sesaji, kesempatan itu pun digunakan masyarakat untuk menikmati panorama pantai sambil bermain bersama keluarga. Nyoman Sukadana yang ditemui sedang bersantai bersama keluarga mengaku sudah selesai melakukan ritual larung sesaji. "Sambil berlibur bersama keluarga," katanya singkat. (Laporan Bobby Andalan, Bali, eh)

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024