Toisutta Beri Tongkat KSAD ke Pramono Edhie

Pelantikan KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVAnews - Letnan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo akan menerima tongkat komando sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Tongkat akan diberikan dari Jenderal TNI George Toisutta yang akan memasuki masa pensiun.

Rencananya, serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat dari George Toisutta kepada Pramono Edhie akan digelar pagi ini di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis 7 Juli 2011.

Pelantikan Jenderal Edhie sebagai KSAD sebenarnya sudah dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, pada Kamis 30 Juni 2011.Pelantikan adik kandung Ibu Negara Ani Yudhoyono ini bertabur menteri. Hampir semua petinggi negara hadir.

Rekam jejak dan prestasi Pramono Edhie sudah banyak diketahui publik. Tapi siapa sebenarnya Pramono Edhie? Ibunda Pramono Edhie, Sunarti Sri Hadiyah, melahirkan lima orang anak. Mereka berturut-turut yakni, Wijiasih Cahyasasi, Wrahasti Cendrawasih, Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono), Mastuti Rahayu, dan Pramono Edhie Wibowo.

Ibarat peribahasa, buah jatuh memang tak jauh dari pohonnya. Begitulah hubungan antara Pramono Edhie dengan sang ayah yang juga Panglima Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) atau Kopassus, Letnan Jenderal Purnawirawan TNI Sarwo Edhie Wibowo.

Putra bungsu Sarwo Edhie ini merupakan lulusan terbaik Akabri tahun 1980. Saat masih berpangkat kolonel, Pramono Edhie Wibowo pernah menjadi salah satu ajudan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Sejak itu karirnya melesat. Jenderal kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 5 Mei 1955 itu beberapa kali menduduki kursi penting di TNI Angkatan Darat. Karirnya sedikit mengikuti jejak sang ayah.

Pramono Edhie dipercaya menjabat Komandan Jenderal Kopassus pada 1 Juli 2008 sampai 4 Desember 2009. Setelah menjadi pucuk pimpinan Kopassus, pada 2009 sampai 2010, Pramono Edhie didaulat menjadi Panglima Kodam Siliwangi. Setelah masa jabatan Pangdam usai, Pramono Edhie menjabat Pangkostrad pada November 2010 menggantikan Letjen TNI Burhanuddin Amin.

Usai pelantikan di Istana Negara, Jenderal yang akan pensiun dua tahun lagi ini mengaku tidak terbebani dengan posisinya sebagai KSAD yang juga adik ipar Presiden. "Memang saya adiknya Ibu Ani sejak lahir. Salahnya kan begitu," ujar Jenderal Edhie seperti menjawab kritik publik usai pelantikan Kamis lalu.

Bahkan, meski namanya disebut-sebut akan meramaikan bursa calon presiden 2014, Pramono tidak tergiur. Dia malah meminta dukungan. "Jangan menjadikan itu beban. Harus lebih baik lagi," kata Pramono di Istana Negara, Jakarta, Kamis 30 Juni 2011.

Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Pimpinan KPK Nurul Ghufron melaporkan Albertina Ho terkait dugaan penyalahgunaan wewenang. Abertina dilaporkan Ghufron ke Dewas KPK.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024