JK: PMI Butuh 1 Juta Kantung Darah

Jusuf Kalla di Rapat Pansus Century DPR RI
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Palang Merah Indonesia (PMI) kekurangan 1 juta kantong darah. Jumlah sebanyak itu untuk memenuhi kebutuhan permintaan yang mencapai 4,5 juta kantong darah per tahun.

"Masih kurang banyak untuk memenuhi kebutuhan darah yang mencapai 2 persen dari total kebutuhan jumlah pendudukan Indonesia atau sebanyak 4,5 juta kantong darah per tahun,” kata Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, usai melantik Dewan Kehormatan dan pengurus PMI Jateng periode 2011-2016 di Semarang, Jawa Tengah, Kamis 7 Juli 2011.

Menurut JK, sampai sekarang PMI hanya mampu menyediakan sebanyak 3,5 juta kantong darah per tahun kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk memenuhi kekurangan 1 juta kantong darah itu, PMI akan terus menggiatkan kegiatan donor darah dengan melibatkan pelbagai kalangan.

Upaya itu diantaranya dengan memperbaiki berbagai fasilitas untuk donor darah. Misalnya menyediakan 100 unit mobil keliling untuk kegiatan donor darah di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia.

"Mobil unit donor darah didistribusikan untuk provinsi dan kabupaten yang dinilai besar untuk menjangkau pendonor-pendonor darah di tingkat RT/ RW," kata mantan Wakil Presiden ini.

JK menambahkan, sebanyak 20 unit mobil donor darah sudah disebar. Sisanya, akan disebar lagi pada akhir tahun ini. "Kami akan terus berupaya untuk bisa memenuhi kebutuhan darah sesuai permintaan masyarakat. Mudah-mudahan tahun depan bisa terpenuhi," kata JK.

Dalam kesempatan itu, JK menyatakan PMI akan membangun pusat penanganan bencana di enam zona wilayah Indonesia. Terutama, daerah rawan bencana yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Enam zona pusat penanganan bencana itu nantinya menjadi pusat segala kegiatan bila sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayah sekitarnya. Di pusat zona nantinya akan disiapkan berbagai peralatan, bahan-bahan logistik, obat-obatan, kebutuhan air dan lain-lain.

"Zona pusat penanganan bencana dibangun di kawasan dengan jarak setiap 35 juta jiwa penduduk. Di tiap zona akan ada satu pesawat helikopter yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk menangani bencana di lokasi terdekat," kata JK.

Pembangunan enam zona pusat penanggulan bencana memerlukan dana cukup besar. Dananya mencapai puluhan miliar dan diperkirakan akan rampung akhir tahun 2011. "Dana pembangunan zona pusat penanggulan bencana berasal dari PMI sendiri yang digalang dari sumbangan masyarakat dan pengusaha," kata dia. (Laporan: Puspita Dewi l Semarang)

PBNU Harap Amicus Cuarie Diajukan Megawati Tak Munculkan Kontroversi Berkelanjutan
Ilustrasi kemiskinan di desa.

8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia

Kemiskinan adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi banyak negara di seluruh dunia. Meskipun begitu, ada beberapa negara yang berhasil menekan tingkat kemiskinan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024