Almarhum Ridwan Salamun Raih Udin Award 2011

Foto kontributor SunTV Ridwan Salamun
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia kembali memberikan penghargaan Udin Award dan Tasrif Award untuk 2011 ini. Peraih Udin Award yakni penghargaan untuk jurnalis yang menjadi korban kekerasan tahun ini adalah Ridwan Salamun, koresponden Sun TV yang tewas dibantai di Tual, Maluku.

"Setelah melalui diskusi yang panjang, dan mempertimbangkan banyak aspek, anggota dewan juri Udin Award 2011 memilih Ridwan Salamun sebagai sosok yang paling tepat sebagai penerima Udin Award 2011," dalam siaran pers AJI, Jumat 8 Juli 2011.

Ridwan bukan hanya menjadi korban pembunuhan yang keji, tapi juga menjadi korban mafia hukum. Sebab, para pembunuh Ridwan akhirnya dibebaskan oleh Pengadilan Negeri Tual. Bahkan, kendati sudah tak bernyawa, Ridwan sendiri sempat ditetapkan sebagai tersangka karena dituduh terlibat dalam kerusuhan.

Selain Ridwan, nominasi Udin Award yang merujuk pada nama jurnalis Berita Nasional (Bernas) Yogyakarta yang dibunuh pada 1996, Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin ini, antara lain Banjir Ambarita (koresponden Vivanews.com di Jayapura yang ditusuk pria misterius), Adriansyah Matra’is (wartawan di Merauke, Papua, yang meninggal secara misterius), Alfrets Mirulewan (pemimpin redaksi Mingguan Pelangi yang dibunuh saat menginvestigasi penimbunan bahan bakar di Pulau Kisar, Maluku), Triyono (wartawan Solo Pos yang dianiaya dan diintimidasi oleh Komandan Kodim Karanganyar, Jawa Tengah) serta Ahmadi (wartawan Koran Rakyat Aceh yang disiksa oleh intel Kodim Nias, NAD).

Dewan juri Udin Award 2011 terdiri dari Poengky Indarti (Direktur Eksekutif lembaga pemantau hak asasi manusia, Imparsial), Bekti Nugroho (Sekretaris Jenderal Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia dan anggota Dewan Pers) serta Eko “Item” Maryadi (pengurus AJI Indonesia).

Sedang Tasrif Award yang diberikan untuk menghormati Suardi Tasrif, wartawan-cum-advokat, yang mendedikasikan hidupnya bagi kebebasan pers, pemberantasan korupsi dan keadilan bagi masyarakat diberikan pada Tessa Piper, warga negara Inggris yang membantu perjuangan mewujudkan kebebasan pers Indonesia sejak zaman Orde Baru.

"Tessa Piper adalah figur yang paling tepat untuk dianugerahi penghargaan ini sebab ia telah membuktikan dedikasinya membantu pers di Indonesia, bahkan sejak di era represi peerintahan Orde Baru."

Selain Piper, tahun ini ada beberapa nama yang diusulkan sebagai penerima Tasrif Award antara lain Agus Susanto (jurnalis foto Kompas yang berhasil membidik Gayus Tambunan saat diam-diam nonton tenis di Bali), Muhammad Irfan (jurnalis foto Media Indonesia yang mengabadikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Arifinto, yang sedang membuka gambar porno saat mengikuti Sidang Paripurna), Sunarna (bupati Klaten yang mengeluarkan SE Anti Amplop), dan Lembaga Bantuan Hukum Pers yang telah memfokuskan aktivitasnya bagi advokasi litigasi bagi jurnalis yang menghadapi masalah hukum.

Dewan juri Tasrif Awar terdiri dari Ayu Utami (novelis), Yoseph Adi Prasetyo (anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) dan Margiyono (pengurus AJI).

Secara resmi, Udin Award dan Tasrif Award akan diserahkan pada Malam Resepsi Hari Ulang Tahun AJI ke-17 tanggal 8 Juli 2011, pukul 18.30-21.00 di Galeri Nasional Jalan Medan Merdeka Timuur No. 14 Jakarta Pusat. Selain penyerahaan anugerah, Malam Resepsi Ulang Tahun AJI juga dimeriahkan oleh pentas Jogja Hip Hop Foundation, orasi kebudayaan Joko Anwar dan pameran seni instalasi Tisna Sanjaya. (eh)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024