Besok, SBY Lantik 635 Perwira Muda di Yogya

Presiden Periksa Pasukan TNI
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melantik 635 perwira muda lulusan Akademi Angkatan Darat,  Angkatan Laut dan Angkatan Udara, di Lapangan Dirgantara, Angkatan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, besok.

“Pada tanggal 14 Juli Presiden akan melantik 635 perwira muda lulusan Akademi Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara,” kata Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI, Marsekal Muda TNI Sru A Andreas di Yogyakarta, Senin, 11 Juli 2011.

Menurutnya, dari jumlah perwira  muda yang dilantik presiden, itu terdiri dari 295 Perwira TNI Angkatan Darat, 216 Perwira TNI Angkatan Laut, dan 124 Perwira TNI Angkatan Udara.

Pelantikan ini hanya untuk perwira muda TNI. Sedangkan Perwira Polri sudah dilaksanakan pada 10 Desember  2010 lalu di Akademi Kepolisian oleh Kapolri.

"Para perwira muda ini  dinyatakan lulus setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun yang terbagi dalam dua tahap,” paparnya.

Kedua tahap itu, kata Andreas, adalah pendidikan integratif Taruna Tingkat I di Akademi TNI Di Resimen Chandradimuka Akademi TNI selama satu tahun dan pendidikan matra selama 3 tahun di Akademi Angkatan, yang meliputi penilaian akademik, mental kepribadian, kesehatan dan kesempatan Jasmani.

”Perlu diketahui bahwa para perwira yang akan dilantik sekarang ini, mengalami perubahan pola pendidikan, yang semula pola 5 bulan pendidikan integratif di Resimen Chandradimuka, diubah menjadi pola 12 bulan yang berlaku hingga sekarang berdasarkan Kep Panglima TNI Nomor /56/V/2007 tanggal 11 Mei 2007,” ucap Andreas.

Selain itu mulai tahun 2011 Perwira Remaja lulusan Akademi TNI selain dilantik menjadi Letnan Dua, mereka juga berhak menyandang gelar Sarjana Sains Terapan Bidang Pertahanan (SSTHan).

"Ini sudah diakui dan disetarakan Dirjendikti Kemendiknas sebagai lulusan program Diploma D IV," paparnya.

Lebih lanjut, Andreas menyatakan perwira muda yang berhasil lulus
dengan predikat baik dan berhak menerima Adhi Makayasa, dari Akademi Militer Angkatan Darat (Akmil), adalah Hendric Pardamean Hutagalung, kelahiran Bontang, tanggal 12 September 1988.

Sedangkan dari Akademi Angkatan Laut, Rian Risky Putranto, kelahiran Surabaya tahun 1989. Sementara dari Akademi Angkatan Udara, berhasil lulus dengan predikat terbaik Yanifa Eska Siswiyanto, kelahiran Boyolali tahun 1988. (eh)

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Laporan: Juna Sanbawa dan Erick Tanjung | DIY

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 dapat kabar baik jelang pertandingan melawan Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23 2024. Duel ini akan berlangsung di Stadion Abdullah.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024