Besok, Ribuan Petani Tembakau Satroni DPR

Petani tembakau merugi
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews - Ribuan petani tembakau dan buruh perempuan dari Asosiasi Petani Tembakau Indonesia dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Barat akan menggelar aksi demo besar-besaran di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu, 13 Juli 2011, besok. Para petani dan buruh perempuan menolak Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengamanan Produk Tembakau Sebagai Zat Adiktif Bagi Kesehatan RPP Tembakau yang akan segera direalisasikan tahun depan.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APPTI) Jawa Tengah, Nurtantio Wisnubrata, menjelaskan, RPP Tembakau mengancam keberadaan dari para petani. Seperti halnya dalam salah satu poin RPP, bahwa tembakau dikategorikan satu level dengan narkotika dan zat adiktif lainnya. RPP tersebut jelas merugikan petani-petani lokal.

“Hal tersebut sangatlah mendiskriminasikan petani tembakau. Otomatis jika seperti itu petani tembakau sangat dirugikan, kehilangan mata pencaharian,“ katanya kepada VIVAnews.com, 12 Juli 2011.

Selain menggelar aksi demo besar-besaran, para buruh perempuan industri rokok juga melakukan aksi mogok makan di kantor Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia. “Aksi ini sebagai bentuk protes terhadap RPP, “ ucapnya.

Sejumlah poin penting diatur dalam RPP Tembakau dan mulai dilakukan mulai tahun depan. Antara lain, mengatur pembatasan penayangan iklan rokok baik sebagai sponsor acara. Laporan Fajar Sodiq | Solo (adi)

Iran Berhasil Tangkis Serangan Israel
Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

Kebakaran melanda toko frame di Mampang Jakarta Selatan pada Kamis malam, 18 April 2024. Sebanyak 7 orang tewas.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024