Istana: SBY Tak Salahkan Media

SBY gelar konferensi pers terkait kasus Ruyati
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVAnews - Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, mengatakan
pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono semalam tidak dimaksudkan untuk menyalahkan media.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

"Sebetulnya presiden tidak menyalahkan media," kata Julian, di Jakarta, Selasa 12 Juli 2011.

Julian mengatakan, dalam pernyataannya semalam, SBY ingin kalau ada
pemberitaan yang ingin dikemukakan ke ruang publik diverifikasi terlebih dahulu. Sumber pemberitaan pun, menurut Julian, dianggap tidak jelas.

"Kita tahu beberapa sumber berita yang dirujuk masih sumir. Apakah dari sumber yang benar atau tidak, seperti dari BBM dan SMS," ujar Julian.

Menurut dia, pemberitaan tersebut akan berbeda apabila bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin telah tertangkap dan memberikan pernyataan langsung.

"Sampai titik ini belum bisa dipastikan apakah sumber berita dari Nazaruddin atau klaim saja dari pihak lain yang mengklaim Nazaruddin," ujar Julian.

Lebih lanjut Julian mengatakan, soal pemberitaan, hal tersebut merupakan hak media untuk mengungkap kebenaran. Hanya saja, kata dia, sumber berita harus sahih.

"Itu berbeda dengan komunikasi telepon dengan media di Indonesia. Presiden tidak merujuk konteks itu," kata Julian.

Menurut dia, pernyataan SBY semalam merujuk pada  berita bersumber dari Blackberry Messenger atau twitter. Terlebih lagi, kata dia, sumber dari BBM dan Twitter tersebut kemudian diangkat menjadi headline. "Yang kita butuhkan kebenaran bukan nilai berita yang menarik perhatian publik saja," ujar Julian.

Menyikapi ini, Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengatakan pesan dalam BBM dan SMS bisa dijadikan sumber berita. "Kalau memang ada BBM yang seperti itu, ya itu fakta. Itu saya anggap sepanjang ditulis berdasarkan itu, ya masih dalam fungsi jurnalistik," kata Bagir.

Bagir pun kemudian mempersilakan SBY melapor kepada Dewan Pers jika menilai ada pers yang melanggar etika jurnalistik dalam pemberitaannya.

"Mengeluh boleh saja, semua orang boleh mengeluh. Bila konteksnya Presiden ada sesuatu hal, sebaiknya ke Dewan Pers. Bila ada keluhan yang terkait dengan pers, silakan ke Dewan Pers," jelas Bagir. (eh)

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024