Ada Anak-Istri, Asimilasi Misbakhun Dikaji

Pria diduga Misbakhun
Sumber :
  • Twitter

VIVAnews -- Politisi PKS, Misbakhun kembali jadi sorotan. Gara-garanya, ia terpergok sedang berada di sebuah pusat perbelanjaan. Wartawan Metro TV, Monique Rijkers menjumpai terpidana kasus LC fiktif Bank Century itu sedang makan siang bersama keluarganya di Ratu Plaza, Rabu 13 Juli 2011 sekitar pukul 14.05 WIB.

Pihak Lapas Salemba -- tempat Misbakhun ditahan -- langsung memberikan klarifikasi. Menurut Kepala Lapas, A Yus Pahruddin, Misbakhun ke luar secara sah. Ia mendapatkan asimilasi.

Dia menjelaskan, Misbakhun mendapatkan asimilasi bekerja pada pihak ketiga. Ia bekerja sebagai staf keuangan di PT Energi Bara Prima. Hari Senin-Jumat pukul 08.00 sampai 17.00.

Mengapa ia bisa ada di Ratu Plaza? "Diperintahkan direktur perusahaan itu untuk menyervis laptop di Ratu Plaza, karena bisa menunggu ia memilih makan. Mungkin di sana ada anak dan istrinya," kata dia, Rabu 13 Juli 2011.

Namun, dia menambahkan, pihaknya akan mempertimbangkan apakah asimilasi bekerja dengan pihak ketiga Misbakhun akan dilanjutkan. "Saya sudah mengingatkan, kalau bekerja jangan ke mana-mana. Kami sudah membuat surat ke badan pengawasan," tambah dia.

Yus menjelaskan, saat pertama kali bekerja, Misbakhun memang mendapat pengawalan. "Sekarang nggak dikawal, dengan jaminan perusahaan, keluarga, dan BPKB kendaraan, sesuai dengan UU No 12 Tahun 1995."

Misbakhun divonis satu tahun penjara di Pengadilan Negeri, tapi di Pengadilan Tinggi hukumannya dinaikan jadi 2 tahun. Mahkamah Agung menguatkan putusan di MA itu. Jadilah dia dipenjara dua tahun. Sesuai dengan ketentuan undang-undang, seorang terpidana bisa dibebaskan setelah menjalan 2/3 masa hukuman, syaratnya dia berkelakuan baik.

Jika mengikuti aturan itu, maka setidaknya Misbakhun harus menjalani 16 bulan masa tahanan. Sebelum masa 16 bulan itu tiba, dia berhak menjalani masa asimilasi itu.  Dan Misbakhun sudah 1 tahun dua bulan, artinya 14 bulan di dalam tahanan. (umi)

Baca penjelasan pengacara Misbakhun

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024