KPK Perpanjang Masa Penahanan Hari Sabarno

Hari Sabarno
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi memperpanjang masa penahanan Mantan Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno. Dia ditahan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran pada tahun 2002-2005.

"Saya menandatangani perpanjangan masa tahanan selama 30 hari ke depan," ungkap Hari Sabarno di Kantor KPK Jakarta. 14 Juli 2011.

Mendagri di era Presiden Megawati Soekarnoputri ini ditahan di rumah tahanan Cipinang sebagai tersangka sejak 25 Maret 2011.

Sementara itu KPK membenarkan perpanjangan masa tahanan Hari. Kabag Pemberitaan dan Media Massa KPK, Priharsa Nugraha mengatakan perpanjangan tersangka Hari Sabarno oleh penyidik KPK tertanggal hari ini.

"Benar, yang bersangkutan diperpanjang masa tahanannya selama 30 hari sejak hari ini," ujarnya.

Hari menjadi tersangka sejak September 2010. Dia dinilaiĀ  harus ikut bertanggung jawab atas kasus-kasus korupsi pengadaan alat pemadam di sejumlah daerah.

KPK menyangkakan Hari Sabarno dengan pasal berlapis. Hari dijerat dengan pasal korupsi yakni Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain itu, Hari Sabarno juga dijerat dengan pasal penyuapan yakni Pasal 11 atau Pasal 12 huruf b UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Seperti diketahui, dalam sidang dengan terdakwa Hengky Samuel Daud, terungkap Hari Sabarno disebut menerima sejumlah uang dari Direktur PT Istana Sarana Raya itu. Menurut hakim, pemberian itu tidak terlepas sebagai tanda terima kasih atas penerbitan radiogram dan telah memperkenalkan Hengky dengan pejabat-pejabat di daerah.

Dalam sidang, hakim juga membeberkan, bahwa telah menerima pengembalian Rp400 juta dari Hari Sabarno. Namun, belum diketahui apakah uang itu berasal dari Hengky atau dari rekanan pengadaan alat pemadam kebakaran. (adi)

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024