NU Berperan Besar Jaga Keutuhan NKRI

Sejumlah Calon Menteri Datangi Cikeas : Suryadharma Ali
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan peran organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) sangat besar. Baik saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, maupun perannya dalam mengisi kemerdekaan.

"Harlah NU ke 85, pengabdian NU luar biasa," ujar Suryadharma di area perayaan Puncak Harlah NU ke-85, Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu 17 Juli 2011.

Menurutnya, peran NU tak bisa dipungkiri sedikit pun. Kedepan, SDA begitu sapaannya mengharapkan peranan NU bisa meningkat lagi. Terutama dalam mendukung program pemerintah.

SDA menuturkan, program pemerintah perlu mendapat dukungan dari masyarakat. Nahdlatul Ulama sebagai salah satu ormas besar di Indonesia, menurut SDA dapat menunjukkan peran penting mendukung kerja pemerintah. "Kerja keras perlu ditopang kekuatan masyarakat termasuk NU," katanya.

Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan, siapapun mengakui bahwa NU merupakan salah satu tiang sosilogis dan politis untuk kelangsungan NKRI.

Karena itu, menurut Mahfud, bahwa Indonesia ini terbangun dengan mayoritas muslim yang sebenarnya bisa menuntut apa saja secara politis, tetapi NU memilih jalan moderat.

"Sehingga menjadi penting dan tepat kalau Presiden sebagai kepala negara hadir di tempat ini, dalam kongres NU," kata Mahfud.

Menurut Mahfud, seandainya NU memilih jalan lain tidak memilih jalan moderat, tentu Indonesia akan menghadapi masalah besar sebagai bangsa. "Tetapi selama ini NU selalu ikut menjaga," imbuhnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan menghadiri harlah NU Ke-85 tahun kali ini. Beberapa menteri yang sudah hadir diantaranya, Menakertrans Muhaimin Iskadandar, Menteri PDPT Helmi Faisal Zaini, Menteri Sosial Salim Segaf Al Djufri, Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Hadir juga Ketua DPR Marzuki Ali, Mantan Wapres Jusuf Kalla, politisi senior Golkar Akbar Tanjung, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan beberapa tokoh lainnya.

Pantauan VIVAnews.com, ribuan warga Nahdliyin dari berbagai daerah di tanah air memadati kawasan Gelora Bung Karno. (adi)

Terungkap, Lebih dari 400 Ekor Ular Dikerahkan di Prosesi Syuting Film Badarawuhi
Ilustrasi peta dunia.

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Meskipun Indonesia adalah negara yang luas, membentang dari Sabang hingga Merauke, namun kenyataannya, Indonesia tidak masuk 10 negara terluas di dunia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024