Sumbar Bangun Dermaga CPO Rp153 Miliar

Pembangunan dermaga kapal ikan di Muara Baru, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang yang akan difungsikan sebagai dermaga CPO di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, membutuhkan anggaran Rp158 miliar. Proyek yang telah menyerap dana APBD Rp25,9 miliar ditargetkan bisa beroperasi pada 2012 mendatang.

"Kita berharap sisa dana sebesar Rp132,1 miliar dari APBN segera direalisasikan sehngga penggunaan dermaga ini sesuai dengan target," kata Gubenur Sumbar Irwan Prayitno dalam rapat koordinasi dengan Bapenas di Bukittinggi, Selasa, 19 Juli 2011.

Pengoperasian dermaga kedua setelah Pelabuhan Teluk Bayur, Padang ini, ditargetkan mampu mengangkut hasil bumi dari wilayah utara Sumbar hingga perbatasan Sumatera Utara. Dengan luas kebun sawit yang mencapai 136.940 hektar di Pasaman Barat, dermaga ini mampu mengurangi penggunaan transportasi darat untuk mengirim CPO.

Menurut data, 56 persen dari 1 juta ton hasil CPO di Sumbar setiap tahunnya berasal dari kabupaten tersebut. Sedangkan kabupaten tetangganya, Pasaman dan Agam, menyumbang masing-masing 11 persen.

Selain CPO, Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat juga tercatat sebagai penghasil karet bagi Sumbar. Pasaman menyumbang 17 persen dari total produksi karet di Sumbar sedangkan Pasaman Barat menyumbang 5,15 persen dari produksi karet di daerah.

Dermaga ini nantinya diharapkan mampu memperkecil biaya yang dikeluarkan pengusaha untuk mengirm CPO ke sejumlah tempat. "Pengangkutan CPO lewat darat akan membebani jalan di Sumbar yang hanya berstandar kelas III (menahan beban 8 ton)," tambah gubernur.

Pembangunan dermaga ini telah diusulkan sejak tahun 2008 lalu. Pemerintah pusat menyetujui pembangunan dermaga ini dengan memakai dana APBN yang akan dicairkan secara bertahap. (Laporan: Eri Naldi | Padang)

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024
Korban penipuan investasi geruduk rumah orang tua pelaku di Tasikmalaya

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Puluhan Korban Investasi Bodong Menggerebek Rumah Orang Tua Pelaku.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024