Gayus Sidang Perdana Suap dan Pencucian Uang

Gayus HP Tambunan RDP di Komisi III DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Terdakwa kasus Mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan akan menjalani sidang perdana dalam kasus penyuapan dan pencucian uang. Gayus yang kemarin memberikan keterangan di hadapan Panitia Kerja Mafia Pajak DPR kali ini akan mendengarkan dakwaan di depan majelis hakim.

Rencananya mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu akan mendengar pembacaan dakwaan terkait kepemilikan uang Rp28 miliar dan deposito Rp74 miliar, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Selatan, Kamis 21 Juli 2011.

"Hari ini sidang dakwaan Gayus di Pengadilan Tipikor," kata juru bicara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Suwidya dalam pesan singkatnya. Sidang ini juga dibenarkan oleh pihak kuasa hukum Gayus, Dion Pongkor.

Menurut Dion, persidangan itu akan dilangsungkan sekitar pukul 10.00 WIB. Dion menjelaskan, kliennya akan menjalani sidang terkait tiga perkara yang digabung dalam satu berkas.

Tiga perkara itu yakni, tuduhan menerima suap dari Roberto Santonius, konsultan pajak PT Metropolitan Retailmart sebesar Rp925 miliar, memberi suap kepada petugas rumah tahanan negara Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Dan terakhir, diduga melakukan pencucian uang karena menempatkan uang hasil korupsi senilai Rp28 miliar dalam rekening bank dan Rp74 miliar dalam safe deposit box.

"Digabung dengan suap Karutan (Kepala Rutan Mako Brimob)," ujar Dion. Sementara itu terkait kesiapan Gayus sendiri, Dion mengungkapkan kliennya semalam sempat mengeluhkan kurang enak badan paska mengikuti rapat dengan Panja Mafia Pajak.

"Kemarin sore pulang dari DPR, Pak Gayus mengeluh tidak enak badan dan diperiksa dokter LP (Lembaga Pemasyarakatan) Cipinang. Semoga pagi ini bisa hadir," kata Dian. (umi)

Oso Beberkan Strategi Partai Hanura Hadapi Pilkada 2024
Irish Bella

Pertama Kali Sejak Menjanda, Irish Bella Gak Kesepian Rayakan Ulang Tahun Tanpa Ammar Zoni

Irish Bella kemudian membawa kue ulang tahun dengan lilin angka 18. Sebelum meniup lilin itu, datang sang kakak, Sean Ivan De Beule.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024