Patrialis: Nazar Tak Pengaruhi Seleksi KPK

Menkumham Patrialis Akbar Menyambangi KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Panitia Seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi tidak akan terpengaruh dengan 'nyanyian' mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Apalagi saat Nazaruddin menyebut ada dugaan keterlibatan Wakil Ketua KPK Chandra M Hamzah dan M Jasin.

"Pansel tidak terpengaruh dengan informasi sepihak, apalagi yang tidak bertanggungjawab," kata Ketua Panitia Seleksi pimpinan KPK Patrialis Akbar usai pelantikan pejabat Eselon I dan eselon II, di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Kamis 21 Juli 2011.

Tapi kondisi itu bisa berbalik bila Nazaruddin datang dan membeberkan bukti keterlibatan Chandra dan M Jasin dalam proyek itu. Menurut Patrialis, bila da bukti maka itu bisa jadi akan mempengaruhi proses seleksi. Tapi selama tidak ada data yang objektif, pansel tidak akan mempersoalkan keduanya.

Begitu juga saat Nazaruddin menyebut nama Deputi KPK Ade Rahardja. Meski demikian, Patrialis akan memperketat seleksai calon pimpinan KPK atas informasi yang berkembang ini.

"Tentu tracking-nya harus mendalam," kata Menteri Hukum dan HAM Ini. Untuk seleksi calon, Pansel akan dibantu oleh masyarakat Transparansi Indonesia, "Kawan-kawan akan membantu itu," ujar Patrialis.

China Cegah Pengungkapan Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang oleh Media Asing?

Sangat Minim

Dia menilai saat ini masukan masyarakat soal calon pimpinan KPK sangat minim, berbeda dengan tahun lalu yang banyak masukan. "Dulu luar biasa respon masyarakat," paparnya. Menurutnya, masyarakat saat ini tidak terlalu antusias dengan seleksi pimpinan KPK.

Dalam wawancara di Metro TV Selasa 19 Juli lalu, Nazaruddin menyebut Chandra M Hamzah dan M Jasin merekayasa kasusnya. Nazaruddin juga menyebut Ade Rahardja melakukan kesepakatan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Semua tudingan Nazaruddin itu dibantah. Chandra M Hamzah, M Jasin, Ade Rahardja dan Anas Urbaningrum membantah mentah-mentah serangan Nazaruddin.

Tol Bocimi Dibuka Fungsional One Way untuk Arus Balik Lebaran, Simak Jadwalnya
Ricardo Kaka dan Carolina Dias

Legenda AC Milan, Ricardo Kaka Diceraikan Istri karena Terlalu Sempurna

Kabar mengejutkan datang dari legenda AC Milan, Ricardo Kaka. Dia diceraikan oleh istrinya yang bernama, Caroline Celico.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024