Staf Ahli Nazaruddin

"Tak Ada Jingle Sari Roti di Ponsel Nazar"

Foto buron M Nazaruddin, bekas Bendahara Umum Demokrat
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews – Mantan staf ahli DPR untuk Nazaruddin, Nuril Anwar, mengatakan bahwa ringtone jingle Sari Roti tidak terdapat dalam ponsel milik mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu. Nuril mengungkapkan, Nazaruddin memiliki tiga buah ponsel.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

“Saya tahu semua ringtone Pak Nazar, dan tidak ada yang Sari Roti. Cuma ringtone biasa saja,” ujar Nuril di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Juli 2011.

Nuril mengaku terakhir berkomunikasi dengan Nazaruddin dua hari yang lalu. “Lebih sering berkomunikasi lewat BBM (BlackBerry Messenger). Biasanya soal surat-menyurat dan tugas-tugas di DPR. Kalau Pak Nazar BBM saya, ya saya jawab,” ujar dia.

Meski sering berkomunikasi, Nuril mengaku tidak mengetahui di mana Nazaruddin berada saat ini. “Saya yakin dia masih di luar, bukan di Jakarta. Kalau dia di Jakarta, pasti akan ketahuan dari Imigrasi. Saya tidak tanya dia di mana, dan dia nggak pernah bilang ada di mana. Terakhir ketemu tanggal 23 Mei 2011 sebelum dia berangkat,” kata Nuril.

Bunyi jingle ‘Sori Roti’ sempat dua kali terdengar saat Nazaruddin melakukan telewicara dengan Metro TV. Namun, asal suara itu masih belum jelas sampai sekarang. Politisi Demokrat yang juga pengamat telematika, Roy Suryo, mengatakan bunyi jingle itu kemungkinan berasal dari ringtone ponsel Nazaruddin.

“Kalau kita dengar bunyinya konstan, tidak berubah-ubah. Kalau pedagang roti keliling itu kan berubah-ubah dari kuat ke lemah, ada amplitudonya. Sangat besar kemungkinan itu ringtone,” kata Roy.

Namun, pakar telematika Ruby Alamsyah meminta penyidik Polri untuk berhati-hati dan jangan tertipu dengan bunyi jingle Sari Roti itu. Menurut dia, asalnya bisa dari mana saja. “Suara jingle itu bisa dari suara ringtone handphone teman di samping Nazar, bisa dari handphone Nazar sendiri, bisa dari suara iklan di televisi. Jadi tidak aneh, dan belum bisa dipastikan suara Sari Roti itu menandakan Nazar ada di Indonesia,” ujar Ruby.

Direktur Operasi PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, Yusuf Hadi, mengatakan Sari Roti hanya diproduksi di dalam negeri. Sari Roti dipasarkan di Jawa, Lampung, Bali, dan Medan melalui toko, supermarket, dan dijual tukang roti dengan gerobak keliling. “Kami tidak membuka cabang di luar negeri, apalagi di Singapura,” kata Yusuf.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Imigrasi membantah spekulasi keberadaan Nazaruddin di dalam negeri. “Kalau Pak Nazar melakukan perjalanan resmi, itu pasti terdeteksi. Kalau dia ada di sini, berarti diam-diam, tidak lewat jalur resmi,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Bambang Irawan.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024