Mahfud MD: Publik Perlu Dididik Malu Korupsi

Mahfud MD
Sumber :

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, menyatakan gerakan untuk mendidik masyarakat malu menjadi seorang koruptor sangat diperlukan. Pasalnya saat ini masyarakat tidak takut terhadap hukuman.

"Ketakutan cuma milik orang kecil yang tidak punya kedudukan, tidak punya uang, dan tidak punya kenalan. Sekarang yang harus dilakukan adalah bagaimana membuat malu para koruptor itu," ujar Mahfud di Jakarta, Jumat, 22 Juli 2011.

Menurut Mahfud, jika hukum sudah dipermainkan, maka hal ini sangat berbahaya bagi masa depan bangsa. Kalau sudah demikian, Mahfud mengatakan negara Indonesia tinggal tunggu binasa saja.

"Sepanjang sejarah negara-negara, munculnya pembangkangan yang menimbulkan teror adalah karena ketidakadilan hukum," jelas dia.

Dikatakan Mahfud, hukum itu sebenarnya adalah hasil kompromi dari kehendak politik yang saling bersaingan. Adapun keputusannya bisa didominasi. Untuk mengatasi hal ini, ujarnya, diperlukan kesadaran hukum yang dibangun sejak masa kecil.
 
Selain itu anak-anak juga harus diberi kesadaran bahwa kita hidup di tengah perbedaan dan kita hidup di negara ini berdasarkan kesepakatan. "Kalau anda merasa tidak senang hidup dalam perbedaan, maka sesungguhnya anda sudah hidup dengan hati yang kotor dan itu tidak enak," jelas Mahfud.

KPK Cegah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Usai jadi Tersangka Kasus Korupsi Potongan Insentif
Suzuki Jimny di IIMS 2022

Suzuki Jimny di Indonesia Kena Recall karena Masalah Ini, Pemilik Mobil Segera ke Bengkel Resmi

PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) melakukan penarikan kembali atau recall untuk Suzuki Jimny 3 pintu. Para pemilik Jimny ini pun diwajibkan membawa mobilnya ke bengkel.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024