SBY Kirim Surat Duka ke PM Norwegia

Suasana di Oslo, Norwegia, setelah ledakan bom 22 Juli 2011
Sumber :
  • AP Photo/ Scanpix, Thomas Winje Aijord

VIVAnews -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengirim surat kepada Perdana Menteri Norwegia, Jens Stoltenberg sebagai bentuk rasa bela sungkawa atas terjadinya serangan bom di Kota Oslo dan penembakan brutal di Pantai Utoya Jumat lalu.

"Satu hari setelah terjadinya serangan di Oslo dan Utoya, pemerintah melalui Menlu di Bali sudah mengeluarkan pernyataan bela sungkawa," kata SBY di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 25 Juli 2011.

"Kemarin, saya sudah menulis surat kepada pemerintah Norwegia melalui Perdana Menteri Jens Stoltenberg, mengucapkan bela sungkawa, agar Norwegia bisa bangkit."

SBY mengatakan, hubungan bilateral Indonesia dan Norwegia sangat dekat dan kuat. Kedua negara, kata dia, bersama-sama menjadi pelopor beberapa program dunia. "Dengan persahabatan yang dekat ini, kita patut berbagi," kata dia.

Indonesia, kata dia, harus memetik pelajaran dari serangan yang terjadi di Norwegia itu. "Kita patut memetik pelajaran. Sebuah negara yang makmur, damai, ternyata tidak terbebas dari aksi terorisme dan aksi tidak berperikemanusiaan," kata dia.

Menurut dia, Indonesia harus bersungguh-sungguh mencegah terjadinya aksi terorisme. "Di mana pun kita melakukan kegiatan jangan abaikan unsur keselamatan. Utamanya petugas keamanan untuk melakukan pencegahan," kata dia. "Kunci menanggulangi terorisme adalah kerja sama antara aparat dan masyarakat. Dukungan dan kebersamaan masyarakat luas."

Sebelumnya, terjadi dua serangan bom di kantor Perdana Menteri Norwegia di Oslo. Kemudian menyusul penembakan secara brutal di Pulau Utoya.

Seorang pria bernama Anders Behring Breivik (32) ditangkap oleh pasukan SWAT terkait peristiwa yang menewaskan setidaknya 93 orang itu. Breivik yang menganut paham ekstrim kanan itu kini akan diajukan ke pengadilan Norwegia. (umi)

China Serang Balik Kritikan Amerika Serikat soal Produksi Mobil Listrik yang Berlebihan
Ilustrasi buah-buahan.

Sederet Buah yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Daging, Bantu Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Lebaran identik dengan hidangan lezat, khususnya daging berlemak. Meski menggugah selera, konsumsi daging berlebihan dapat meningkatkan kadar kolestrol (LDL) dalam tubuh.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024