Mediasi BIN-Kasum Belum Ada Titik Temu

Muchdi PR
Sumber :

VIVAnews - Mediasi sengketa informasi antara Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (Kasum) dengan Badan Intelijen Negara (BIN) belum mencapai titik temu. Proses mediasi baru sebatas pertanyaan pemohon (Kasum) terkait status kelembagaan BIN.

"Pemohon tadi baru berhenti pada status kelembagaan BIN, apakah masuk badan publik atau tidak," kata Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Amirudin di Kantor KIP, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa 26 Juli 2011.

Melalui Amirudin, pihak BIN sendiri mengaku dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden No 34 tahun 2010. Berdasarkan hal itu, lanjut Amirudin, semakin menegaskan bahwa BIN adalah lembaga publik.

"Kalau sebagai lembaga publik, tentunya punya kewajiban-kewajiban lain sebagaimana diatur dalam UU KIP," kata dia.

Amirudin mengatakan, berdasarkan UU Informasi memang BIN selaku badan publik belum banyak melakukan respons-respons sebagaimana dimuat dalam Undang-undang KIP, termasuk melakukan klasifikasi informasi, mana yang sifatnya untuk umum mana informasi yang sifatnya pengecualian.

"Nah sampai proses ini berjalan memang belum ada proses klasifikasi yang dilakukan BIN, sehingga tadi kami minta agar segera melakukan klasifikasi informasi dulu terkait status dokumen informasi yang diminta itu," kata dia.

Saat dikonfirmasi terkait status kelembagaan BIN, pihak BIN menegaskan bahwa BIN merupakan lembaga publik sebagaimana yang diatur dalam undang-undang. "BIN lembaga publik itu diatur dalam UU," ungkap salah seorang anggota BIN saat dikonfirmasi yang enggan disebut namanya.

Kasum meminta dua informasi ke BIN. Namun, informasi itu tidak diberikan meski telah terungkap dalam persidangan kasus pembunuhan Munir. "Kami minta autentifikasi, satu penugasan Muchdi ke Malaysia dan yang kedua penugasan Pollycarpus dari pilot menjadi security," kata aktivis Kasum, Choirul Anam, kepada VIVAnews.com, Selasa 26 Juli 2011. (eh)

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya
Penampilan baru Park Bo Ram

Penyebab Kematian Masih Misteri, Park Boram Meninggal Dalam Kondisi Seperti Ini

Karena penyelidikan sedang dilakukan, sulit untuk mengungkapkan banyak rincian terkait kematian Park Boram yang dipastikan meninggal dunia pada usia 30 tahun.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024