Puluhan Ormas Bersiap Sweeping Gang Dolly

Suasana salah satu wisma di Gang Dolly, Surabaya
Sumber :
  • F.A. Aziz | Surabaya Post

VIVAnews - Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1432 Hijriyah, Gerakan Umat Islam Bersatu di Surabaya, Jawa Timur bersiap melakukan sweeping ke sejumlah lokalisasi dan tempat hiburan pada Kamis, 28 Juli 2011.

"Sedikitnya ada 300 orang dari 27 elemen yang ikut mendukung. Di antaranya, dari Majelis Ulama Indonesia Jatim, PWNU Jatim, Muhammadiyah Jatim, Front Pembela Islam Jatim, Persatuan Pelajar Islam dan Forum Madura Bersatu," kata juru bicara GUIB, Arukat Djaswadi, Selasa, 26 Juli 2011.

Lokasi berkumpul ditentukan di Masjid Al Falah Jalan Raya Darmo. Nantinya massa akan bergerak menuju ke sejumlah tempat diantaranya Cafe Rasa Sayang di Jalan Diponegoro, Lokalisasi Gang Dolly, Lokalisasi Bangunsari, Lokalisasi Kremil di Jalan Tambak Asri dan tempat hiburan malam Meteor di Jalan Arjuna.

"Tujuannya, kami mengingatkan agar para pemilik tempat hiburan dan lokalisasi untuk tutup selama bulan puasa, syukur kalau itu kemudian dilakukan seterusnya," lanjut dia.

Tidak hanya lokalisasi dan tempat hiburan malam yang akan disweeping, massa juga terus memantau keadaan tempat-tempat tersebut selama bulan puasa.
Arukat menambahkan, untuk mengindari tudingan minor pada kelompoknya, jika mendapati ada pelanggaran pihaknya menggandeng pemkot dan polisi
untuk dilakukan penindakan secara tegas. "Jangan sampai kami yang melakukan eksekusi, karena bisa dituding kami ini kelompok preman," katanya.

Soal rencana aksi ini, Polda Jatim menegaskan tidak mentolerirnya, apalagi jika dilakukan di bulan Ramadan. "Kita akan tindak jika ada yang melanggar. Karena itu wewenang kepolisian, jadi tidak dibenarkan kalau ada kelompok yang bergerak sendiri-sendiri," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Rachmad Mulyana. (Laporan: Tudji Martudji | Surabaya, eh)

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar
Kepala Eksekutif Meta Mark Zuckerberg.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

CEO Meta, Mark Zuckerberg dikabarkan ingin membuat operating system OS untuk perangkat virtual reality (VR). Proyek ini dikerjakan bersama Microsoft, Lenovo dan Asus.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024