Minta Bubarkan KPK

Tokoh-tokoh Kritik Marzuki Alie

Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maarif menyangkan pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie yang menginginkan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Buya, sapaan akrab Syafii Maarif, menjelaskan, meski di tubuh KPK sendiri ada yang tidak bersih, namun bukan berarti lembaganya harus dibubarkan.

"Lembaga harus dipertahankan dong, seperti juga yang lain, polisi dan jaksa. Jangan ada tikus di lumbung padi, lumbungnya yang dibakar. Seharusnya tikus yang dibunuh dan dihalau," ujar Buya di Jakarta, Sabtu 30 Juli 2011.

Senada dengan Buya, pengacara senior Adnan Buyung Nasution menilai pernyataan Marzuki Alie akan menjadi bumerang. Marzuki diminta mengoreksi lembaga yang dipimpinnya.

"Kalau dia mau, bubarkan saja Partai Demokrat. Bubarkan juga DPR. Sudah terang-terang sekarang Demokrat koruptornya, masih dibiarkan saja. Dia saja sebagai anggota dewan pembina tidak bisa berbuat apa-apa untuk menangkap Nazarudin dan dia tidak minta maaf dengan rakyat Indonesia," jelas Adnan.

Dikatakan Adnan, Marzuki Alie sudah sering kali melontarkan pernyataan yang tidak layak. Hal tersebut, lanjut dia, sangat tidak pantas dilakukan oleh seorang ketua DPR.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Sebelumnya Jusuf Kalla juga mengkritik pernyataan Marzuki. Kata JK, kalau KPK bubar, DPR juga harus dibubarkan. (umi)

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024