JK: Bahaya, Logika Ide Bubarkan KPK

Jusuf Kalla
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengecam wacana pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilontarkan Ketua DPR dan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie. Bagi Kalla, bila memang ada masalah dengan figur pejabatnya, tidaklah tepat membubarkan institusinya.

"Bagaimanapun, KPK didirikan untuk memberantas korupsi. Korupsi belum bisa diselesaikan, jadi KPK tetap dibutuhkan," Jusuf Kalla menegaskan di gedung Lembaga Ketahanan Nasional, Jakarta Pusat, Senin, 1 Agustus 2011.

Kalla berpandangan jika sekiranya ada pejabat KPK yang tersangkut kasus hukum, sebaiknya itu dituntaskan melalui proses hukum. "Bukan lembaganya malah dibubarkan. Termasuk DPR, yang juga banyak masalah," dia menyindir.

Kalla menyatakan tidak habis pikir ada orang yang memiliki pola pikir bahwa jika pemimpinnya bermasalah, maka lembaga yang bersangkutan harus dibubarkan. "Saya sering katakan, kalau logika seperti itu digunakan, bahaya. Nanti banyak lembaga yang harus dibubarkan kalau ada pejabatnya yang bermasalah," kata Kalla yang kini menjabat Ketua Umum Palang Merah Indonesia.

Ide kontroversial ini disuarakan Marzuki Alie beberapa waktu lalu.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Marzuki sendiri malah mengritik pemberitaan belakangan ini yang dia katakan telah menyudutkan dan menyerang dirinya. Menurutnya, dia sekadar menyampaikan gagasan normatif sebagai rakyat biasa, dan karena itu tak sepatutnya diadili beramai-ramai lewat media massa.

Marzuki menyatakan, polemik ini bisa diredam apabila media langsung mengklarifikasi kepadanya tentang maksud lontarannya.

"Kenapa tidak ditanyakan langsung kepada saya? Sebetulnya kan bisa ditanyakan ke sumber beritanya langsung. Jadi, tidak perlu diadili ramai-ramai di media," kata Marzuki di Gedung DPR RI, Jakarta. (kd)

Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024