Pemerintah Waspadai Kerusuhan Papua Terulang

Bentrok di Papua. (Ilustrasi)
Sumber :
  • Antara/ M Yamin Gel

VIVAnews- Pemerintah terus mewaspadai adanya kerusuhan susulan di dua titik di Papua yaitu di Puncak Jaya dan di Abepura.

Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro mengatakan kerusuhan di Abepura itu terkait dengan masalah politik terlebih lagi ada bendera bintang kejora di sana. Ia menegaskan pada prinsipnya NKRI harus dipertahankan. "Tidak ada alasan, tidak ada kemungkinan terbuka bagi mereka untuk menaikkan bintang kejora," kata dia di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2011.

Purnomo menegaskan, kepada siapa saja untuk tidak berkeinginan mengubah NKRI. Sementara terkait kerusuhan itu, saat ini proses hukum tengah dijalankan. "Kalau memang mereka terbukti nantinya makar, tapi ini belum sampai di situ, tapi ini tetap kita waspadai," kata dia

Sementara Menter Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, laporan terakhir dari kepolisian, Kondisi di Papua sudah kondusif. "Jangan dianggap melakukan pelanggaran HAM dan sebagainya," kata Djoko.

Kerusuhan Senin lalu di Abepura, jayapura, menewaskan 4 orang. salah satu korban tewas diidentifikasi sebagai prajurit satu TNI Dominikus Keraf. Para pelaku memalang batang pohon, setiap kendaraan diminta berhenti kemudian para pelaku segera menyerang penumpang kendaraan. Selain menggunakan parang, pelaku juga menggunakan senjata api. (eh)

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa
LPS gelar jumpa pers di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini membuka Kantor Perwakilan LPS I Medan, di Gedung Sinarmas Plaza, Kota Medan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024