Dua TKW di Arab Lolos dari Hukum Pancung

Ilustrasi/Aksi protes perlindungan tenaga kerja wanita di luar negeri
Sumber :
  • VIVAnews/Siti Ruqoyah

VIVAnews -- Kabar baik datang dari Arab Saudi. Dua tenaga kerja wanita  asal Indonesia lolos dari hukuman mati, dipenggal di meja pancung. Informasi ini telah dikonfirmasi juru bicara Kedutaan Besar RI di Arab Saudi, Wishnu Krisnamurthi.

Siapa dua nama dua TKW yang lolos tersebut? Kata Wishnu, salah satunya adalah Emi yang dinyatakan bersalah membunuh anak majikannya.

"Emi telah mendapat ampunan, namun untuk mengembalikannya ke Indonesia bakal makan waktu," kata dia, seperti dimuat situs Arab News, Jumat 5 Agustus 2011. Sementara, satu TKW lainnya, Nessi dijatuhi hukuman mati setelah dinyatakan terbukti menggunakan ilmu hitam untuk menyakiti majikannya. Nama lengkap kedua pekerja asal Indonesia itu belum diungkapkan.

Wishnu menambahkan, proses untuk membebaskan kedua TKW memerlukan waktu, karena libur Ramadan dan Idul Fitri.

Sementara, akibat moratorium yang dilakukan pemerintah Arab Saudi terhadap tenaga kerja sektor informal, Indonesia akan kehilangan pendapatan sekitar 1,3 miliar real.

Wishnu mengatakan, telah ada sejumlah kemajuan terutama pasca kunjungan satuan tugas TKI yang dikirim Presiden SBY akhir bulan lalu. "Kami tengah berusaha merumuskan mekanisme saling menguntungkan bagi dua negara," tambah dia.

Untuk diketahui, Arab Saudi menghentikan pemberian visa kerja bagi tenaga kerja sektor informal dari Indonesia dan Filipina. Larangan itu  berlaku sejak  Sabtu, 2 Juli 2011.

Keputusan Arab Saudi lebih dulu dari rencana penghentian sementara, atau moratorium pengiriman tenaga kerja ke Arab Saudi dari pihak Indonesia -- sebagai buntut eksekusi TKW Ruyati binti Satubi yang dilakukan tanpa pemberitahuan ke pihak Indonesia. (umi)

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini
Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

KPU RI memastikan juga mengundang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024