Ekspedisi Kesra Nusantara Siap Digelar

Stok beras di gudang penyimpanan Bulog.
Sumber :
  • ANTARA/Ampelsa

VIVAnews - Pemerintah berencana membentuk suatu program khusus untuk menjamin penyebaran kesejahteraan bagi penduduk di daerah-daerah terpencil. Program itu adalah Ekspedisi Kesra Nusantara

Beberapa kementerian bekerja sama dengan sejumlah instansi pemerintah dan swasta memberikan bantuan dalam program Ekspedisi Kesra Nusantara 2011. Program ini mencakup berbagai macam barang bantuan sosial, alat-alat kesehatan hingga sembako.

"Isu pengembangan pulau-pulau kecil menjadi topik hangat beberapa waktu ini,” kata Menko Kesra, Agung Laksono di Jakarta, 7 Agustus 2011. “Masih terjadi kesenjangan sosial, ekonomi, dan lain sebagainya di pulau-pulau kecil di wilayah perbatasan,” ucapnya.

Beberapa bantuan yang akan diberikan di antaranya adalah 36 box obat-obatan, 1.000 buah Al Qur’an, 9 buah timbangan Posyandu, 9 set alat pendidikan, 9 box buku, 2.000 paket bantuan sosial bahan pokok, 46.000 paket 6 kilogram berisi beras dan gula, dan lain sebagainya.

"Ekspedisi Kesra Nusantara ini mencakup bantuan sosial, pasar murah, penyuluhan-penyuluhan, dan hiburan sesuai permintaan masyarakat,” kata Agung. “Untuk sembako, nantinya tidak diberikan secara gratis namun akan dijual dengan harga murah dalam program pasar murah," ucapnya.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan, program ekspedisi ini adalah suatu bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakatnya.

"Pulau-pulau kecil punya potensi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Inilah jawabannya (program Ekspedisi Kesra, red). Pemerintah yang harus proaktif," ucap Agung.

Program Ekspedisi Kesra Nusantara ini digelar menggunakan kapal KRI 593 jenis Landing Platform Deck (LPD) dan akan memulai perjalanannya pada Senin 8 Agustus 2011 menuju daerah barat Indonesia. Dan pada tanggal 16 November hingga 19 Desember 2011, akan menuju Indonesia wilayah timur. (ren)

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"
Bule Amerika yang menganiaya pecalang di Bali ditangkap polisi

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Polisi menangkap dua turis asing berkewarganegaraan Amerika yang melakukan penganiayaan terhadap pecalang di Bali

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024