Nazaruddin Akan Ditahan KPK

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi mengetahui kabar penangkapan buron kasus Wisma Atlet Sea Games yang juga mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin, dari pernyataan Menko Polhukam Djoko Suyanto. Bila sudah tiba di Tanah Air, Nazaruddin akan langsung ditahan KPK.

"Dia kan buron KPK, kasus yang ditangani kan kasus yang KPk tangani, tentu nanti akan menjadi tahanan KPK kalau sudah dilakukan penangkapan," kata juru bicara KPK, Johan Budi SP, Senin 8 Agustus 2011.

Menurut Johan, tim KPK turut serta memburu dan menangkap Nazaruddin bersama institusi lain. Lembaga yang terlibat antara lain Polri, interpol, termasuk Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Hukum dan HAM.

"Dari KPK sekitar enam orang, kalau yang lain saya tidak tahu," kata Johan yang juga pernah bertemu Nazaruddin saat mendampingi Direktur Penindakan Ade Rahardja ini.

Keberadaan Nazaruddin, kata Johan, diketahui dari paspor palsu yang digunakan atas nama M Syahruddin. Posisi paspor itu diketahui dua-tiga hari sebelum penangkapan hari ini.

"Kata Pak Chandra (Wakil Ketua KPK), info awalnya adalah orang pakai paspor palsu. Foto wajahnya mirip Nazarudidn. Kemudian terjadi interaksi antara interpol, Mabes Polri dan KPK," kata Johan. "Kemudian disimpulkan bahwa yang bersangkutan adalah Nazaruddin. Kemudian berangkat ke Bogota."

Informasi penangkapan Nazaruddin disampaikan Djoko Suyanto di Kantor Presiden. Menurut Djoko, Nazaruddin telah di bawa ke Bogota, Ibukota Kolombia, untuk mempermudah proses selanjutnya.

Duta Besar RI Untuk Kolombia, Michael Manufandu, sudah menemui Nazaruddin. Menurut Djoko, Nazaruddin meminta Dubes untuk mendampingi Nazar. Presiden tidak memberi batas waktu kapan Nazaruddin dibawa pulang ke Indonesia. "Intinya bisa secepatnya di bawa ke sini," kata Djoko di Kantor Presiden. (eh)

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya
Dua Mobil Premium BMW Bakal Jadi Kendaraan Antar Jemput Pasien RS

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Salah satu diler resmi BMW Indonesia, BMW Bestindo melakukan kerja sama dengan RS Premier Bintaro (RSPB) untuk menghadirkan pelayanan Luxury Shuttle Service.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024