Jalur Pelarian Nazaruddin di Tiga Benua

Muhammad Nazaruddin di Situs Interpol Internasional
Sumber :
  • Situs Interpol Internasional

VIVAnews - Tersangka kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games Muhammad Nazaruddin ditangkap di kota wisata Cartagena, Kolombia. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto mengumumkan mantan Bendara Umum Partai Demokrat itu ditangkap Minggu malam waktu setempat, 7 Agustus 2011.

Ini terbilang mengejutkan karena Nazaruddin pertama kali diketahui melarikan diri ke Singapura. Saat ke Singapura, belum dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, bahkan belum dicegah oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Lalu bagaimana Nazaruddin bisa lari hingga Kolombia?

Kepala Divisi Humas Inspektur Jenderal Pol Anton Bahrul Alam menjelaskan rute pelarian Nazaruddin. Menurut Anton, berdasarkan data yang sudah masuk, Nazaruddin sempat mengecoh aparat yang mengejarnya ke Singapura dan lari ke sejumlah negara lain.

Awalnya, Nazar mencoba bersembunyi di sejumlah negara di sekitar Asia Tenggara. "Dia mengecoh, check in di Kuala Lumpur, Malaysia, namun dia terbang ke Vietnam, kemudian ke Kamboja," ujar Anton.

Dari Kamboja, Nazaruddin terbang keluar kawasan Asia. Sebelum ke Bogota, Kolombia, dia sempat singgah di Spanyol dan juga Dominika. "Nazaruddin pergi ke Bogota melalui Madrid, Spanyol; lalu Dominika, kemudian Bogota," Anton menjelaskan. (umi)

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai
Honri Boma EV

Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah

Toyota Alphard menjadi mobil MPV premium dengan bodi bongsor, kini ada mobil yang mereplikanya dengan ukuran lebih kecil. Yakni, mobil listrik Honri Borna asal China.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024