Polri: Nazaruddin Skype dari Dominika

Nazaruddin
Sumber :
  • tv one

VIVAnews - Komunikasi lewat jaringan internet Skype antara buron KPK yang juga mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, dengan Iwan Piliang dari presstalk menjadi titik terang perburuan Nazaruddin. Saat itulah polisi tahu posisi Nazaruddin.

"Jadi keyakinan tim itu ketika di Dominika. Di sana kan (Nazaruddin) melakukan Skype," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Anton Bachrul Alam di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 9 Agustus 2011.

Sebelum dibekuk di Cartagena, Kolombia, Nazaruddin sempat singgah ke tiga benua. Berdasarkan data yang sudah masuk ke kepolisian, Nazaruddin sempat mengecoh aparat yang mengejarnya ke Singapura dan lari ke sejumlah negara lain.

Awalnya, Nazar mencoba bersembunyi di sejumlah negara di sekitar Asia Tenggara. Nazaruddin sempat check in di Kuala Lumpur, Malaysia, namun dia terbang ke Vietnam, kemudian ke Kamboja. Dari Kamboja, Nazaruddin terbang keluar kawasan Asia.

Sebelum ke Bogota, Kolombia, dia sempat singgah di Spanyol dan juga Dominika. Nazaruddin pergi ke Bogota melalui Madrid, Spanyol; lalu Dominika, kemudian Bogota. Di Dominika inilah Nazaruddin berkomunikasi dengan Iwan Piliang yang berada di Indonesia.

"Nazar tidakĀ  sendirian selama dalam pelarian. Tentu ada orang-orang yang membantu dia (Nazaruddin)," kata mantan Kapolda Jawa Timur ini.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya

Rekaman wawancara Nazaruddin dengan Iwan Piliang sudah diunggah di YouTube dengan judul "Video Wawancara Skype Nazaruddin dengan Iwan Piliang". Nazar muncul sehari menjelang Rapat Koordinasi Nasional Partai Demokrat yang digelar Sabtu 23 Juli 2011 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Dalam wawancara itu, Nazaruddin kembali membeberkan sejumlah tudingan. Dari mulai menyebut nama Anas Urbaningrum sampai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra M Hamzah. Tapi, Anas dan Chandra M Hamzah sudah membantah semua tuduhan Nazaruddin. (umi)

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali mendatangi rumah pribadi Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Selasa malam, 23 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024