Buru Nunun, KPK Tiru Cara Mencokok Nazaruddin

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • gresnews.com

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi akan mengadopsi cara-cara  membekuk mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, demi mencokok Nunun Nurbaeti Daradjatun. Dia berstatus tersangka kasus dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

"Bisa saja, mekanisme semacam ini dipakai untuk mencari buronan lain," kata Wakil Ketua KPK M Jasin di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu 10 Agustus 2011.

Menurut Jasin, mekanisme itu tidak hanya digunakan untuk salah satu buron saja. Tapi juga semua yang berstatusnya buron. Dan bukan hanya untuk buron di KPK saja. "Konteksnya kan buronan siapa pun itu. Baik itu buronan kejaksaan, KPK dan Kepolisian," kata M Jasin.

KPK telah menetapkan Nunun sebagai tersangka sejak 23 Mei 2011. Istri mantan Wakapolri yang kini menjadi anggota Komisi III DPR, Komisaris Jenderal Purnawirawan Adang Daradjatun itu diduga, membagikan cek pelawat kepada anggota DPR periode 1999-2004.

Terhitung sejak 13 Juni 2011 Nunun resmi dimasukan International Criminal Police Organization (ICPO) Interpol. Nunun masuk dalam daftar orang yang paling dicari di 188 negara anggota ICPO. Namun hingga kini keberadaan Nunun masih belum diketahui.

Jasin menilai, prosedur penanganan Nazarudin itu dinilai cukup sukses. Prosedur yang dinilai berhasil itu salah satunya yakni menjalin kerja sama dengan pihak internasional, penegak hukum di luar negeri dan dalam negeri, serta pihak-pihak lain yang sudah bekerja dengan baik. "Ini tonggak untuk memaksimalkan penangkapan buron-buron lainnya," ujar Jasin. (eh)

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024