SBY: Keamanan Energi Persoalan Serius

Kilang minyak offshore
Sumber :
  • orrtextile.com

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai keamanan di bidang energi menjadi permasalahan serius. Perebutan energi bisa memicu sumber konflik antar-negara di masa depan.

"Karena itu bisa menjadi persoalan global yang serius," kata SBY, ketika menghadiri peringatan Hari Teknologi Nasional, di Pusat Teknologi Nasional, Serpong, Rabu, 10 Agustus 2011.

SBY kemudian menyebut sejumlah konflik dunia, yang diduga terkait masalah energi. "Situasi di Cina Selatan, Afrika Utara, dan Timur Tengah, sedikit banyak berkaitan dengan energi," ucap SBY.

Terlebih lagi, SBY menambahkan, menuju 2045 dengan kepadatan 9 miliar penduduk dunia, maka diperlukan sedikitnya 60 persen tambahan energi baru.

"Penggunaan bahan bakar fosil ada lampu merahnya, akan habis. Kalau kita gunakan besar-besaran tanpa kontrol," ucapnya. Hal tersebut di khawatirkan bisa membuat bumi makin panas.

Menurut SBY, saat ini Indonesia  mempunyai kebijakan jelas soal energi."Ada mix energy, intinya kita menurunkan penggunaan sumber energi berbasis fosil dan kita akan tingkatkan sumber terbarukan."

Hal tersebut, kata dia, merupakan tantangan terutama di bidang teknologi, dengan mengupayakan  energi terbarukan yang makin ekonomis dan kompetitif. "Harus bisa buat sendiri jangan impor teknologi asing," ujar dia. (sj)

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI
Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024