Penerima Bakrie Award: Adrian B. Lapian

Press conference penghargaan ahmad bakrie award 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Freedom Institute didukung oleh Bakrie Untuk Negeri memberikan Penghargaan Achmad Bakrie kepada enam anak bangsa yang berprestasi. Penghargaan ini selalu diberikan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Tahun ini penghargaan itu diberikan pada malam  ini, Minggu 14 Agustus 2011. Pemberian penghargaan itu digelar di Jakarta dan dihadiri ratusan tokoh penting. Salah satu penerima penghargaan itu adalah Adrian B. Lapian, seorang pemikir sosial.

Adrian B. Lapian adalah sejarawan maritim yang membuka lembaran baru penulisan sejarah kawasan Indonesia dan Asia Tenggara. Tanpa henti ia mengingatkan bahwa Indonesia adalah ‘negara laut utama’ yang ditaburi dengan pulau-pulau, bukan negara pulau-pulau yang dikelilingi laut.

Bukunya, Orang Laut-Bajak Laut-Raja Laut: Sejarah Kawasan Laut Sulawesi Abad XIX, memberi sudut pandang baru yang segar dan berbeda terhadap penulisan sejarah yang bertumpu pada pengalaman manusia di daratan, merombak pemahaman tentang bajak laut dalam sejarah Indonesia, dan mengoreksi citra kemerosotan pelayaran pribumi pada abad ke-18 dan ke-19.

Bagi Lapian, ilmu sejarah tidak hanya sekadar suatu latihan akademis yang eksotik, tapi sejarah memainkan peran penting dalam menjaga episodic memory bagi pembinaan kewarasan berbangsa.  Sebagai sejarawan, Lapian bak pluit kapal yang santer dan tak henti-hentinya mengingatkan ihwal kebaharian kita. Menurutnya, melupakan lautan membuat Indonesia menjadi bangsa yang ‘ketinggalan kapal’ dan membuat masa depannya tercecer tak karuan.

Anthony Reid, sejarahwan terkemuka asal Australia, pernah berkata: “tidak ada sarjana Indonesia yang mendemonstrasikan keahliannya sebagai sejarawan lebih baik dari Adrian B. Lapian.” Lapian pantas mendapat pujian ini, sebab ia telah membuka lembaran baru dalam penulisan sajarah Indonesia. Ia merintis jalan baru studi sejarah Indonesia sebagai sea system sebagai satuan-satuan jaringan bahari yang berproses menjadi satu-kesatuan wilayah besar yang saling terintegrasi.

Sebulan setelah Dewan Juri memutuskannya sebagai penerima Penghargaan Achmad Bakrie 2011 untuk pemikiran sosial, Adrian B Lapian wafat. Sebelum menghembuskan nafas terakhir di Jakarta, 19 Juli 2011, Adrian sempat dirawat di RSPAD.

Atas prestasi, ketekunan, dan sumbangan mereka yang luar biasa bagi bidang masing-masing, Freedom Institute memberi para tokoh dan ilmuwan tersebut Penghargaan Achmad Bakrie 2011. Bentuk penghargaan berupa trofi dan piagam serta uang Rp 250 juta, yang akan diserahkan pada malam penganugerahan pada Minggu, 14 Agustus 2011, bertempat di XXI Ballroom Djakarta Theatre, Jakarta, pukul 20.00-22.00.

Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024