Pemerintah RI Tak Pernah Santuni Sastrawannya

Press conference penghargaan ahmad bakrie award 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Sepanjang karirnya sebagai penulis, Nh. Dini telah memperkuat realisme, merintis ideologi anti-patriarki, dan mendalami novel autobiografis dalam sastra biografis.

Pencapaiannya menonjol dalam menggali dunia perempuan, termasuk seksualitas tersembunyi, khususnya perempuan Jawa.

Novel-novelnya menjadi induk dari novel-novel populer yang ditulis pengarang perempuan, juga menjadi pendahulu bagi karya sejumlah penulis perempuan yang lahir sejak akhir 1990an.

Saat menerima penghargaan Achmad Bakrie untuk bidang kesusastraan, ia memberikan kritik kepada pemerintah Indonesia dengan bahasa yang halus, namun tegas maknanya.

"Anehnya pemerintah luar negeri punya sifat nyata, peduli kepada pekerja seni. Pengarang yang menunjukkan kemampuannya sampai mendapat sastrawan negara, seluruh hidupnya. Pemerintah Indonesia tidak perlu dikagumi karena tidak menyantuni para sastrawannya," ujar Nh. Dini saat menerima penghargaan di Djakarta Theater, Jakarta, Minggu 14 Agustus 2011.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

"Terima kasih kepada Freedom Institute dan keluarga Achmad Bakrie," tambahnya.

Nh. Dini dikenal berbeda dengan para penerusnya. Novel-novelnya hadir dengan kualitas bahasa yang tetap terjaga. Kalimatnya kokoh, pelukisannya tentang sesuatu tampak halus, kadang samar-samar sehingga memberi kesempatan kepada pembaca untuk menerka-nerka.

Selain Nh. Dini, Achmad Bakrie Award juga diberikan kepada lima orang lainnya yakni, Adrian B. Lapian menerima Penghargaan untuk Bidang Pemikiran Sosial, Satyanegara untuk Bidang Kedokteran, Jatna Supriatna untuk Bidang Sains, F.G. Winarno untuk Bidang Teknologi, dan Hokky Situngkir yang menerima Hadiah Khusus untuk Ilmuwan Muda Berprestasi.

Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024