Isi Tas Nazaruddin Berubah?

Nazaruddin Tiba di KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Tim upengacara mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin masih mempertanyakan pembukaan isi tas hitam milik kliennya tanpa dihadiri si pemilik tas. Pengacara khawatir isi tas berubah.

"Karena tidak sesuai ketentuan formil hukum acara, ini menjadi tanya. Pertanyaannya, siapa yang menjamin isi tasnya tidak berubah," kata Afrian Bondjol, pengacara Nazaruddin dari kantor pengacara OC Kaligis, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Senin 15 Agustus 2011.

Menurut Afrian, penyitaan barang bukti itu harus sesuai dengan pasal 129 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Dalam pasal disebutkan, penyitaan barang bukti harus dibuka di depan pemilik barang bukti.

Kemudian, kata Afrian, penyitaan barang bukti juga disertai Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Dan BAP itu, harus disereahkan kepada yang bersangkutan, pengacara, atau keluarga dengan disaksikan dua orang saksi.

"Sampai sekarang kami tidak menerima BAP itu. Tanpa mengurangi rasa hormat dengan KPK, kalau begini caranya kepercayaan masyarakat terhadap KPK semakin menurun," kata Afrian.

Tas hitam kecil Nazaruddin itu dibuka tanpa kehadiran Nazaruddin. Tas itu dibuka di hadapan Ketua KPK Busyro Muqoddas, Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Polisi Sutarman, dan Ketua Tim penjemput Nazaruddin Brigadir Jenderal Polisi Anas Yusuf, pada Sabtu malam 13 Agustus 2011.

Berikut isi tas hitam Nazaruddin:

1. Satu buah BlackBerry Torch

2. Charger BlackBerry Torch

3. Micro SD

4. Kartu SIM Card Movi Star

5. BlackBerry jenis Bold 9700 tanpa tutup belakang

6. Nokia C5 dengan SIM Card Via Tel dari Vietnam

7. Nokia E7 warna hitam

8. Flash disk merk Sony

9. Satu buah pohon kristal

10. Kabel data

11. Jam tangan hitam dengan kondisi kaca depan pecah

12. Satu buah charger BlackBerry warna hitam

13. Satu buah tiket elektronik atas nama Syarifuddin dengan tujuan dari Cartagena menuju Bogota

14. Lima lembar kartu nama

15. Uang tunai US$20 ribu, masing-masing 100 lembar US$100 yang dibundel pita kertas BCA dan 100 lembar lainnya dengan denominasi US$100 yang dibundel kertas putih.

16. Satu buah dompet Luis Vitton berisi US$100 sebanyak 5 lembar, US$50 sebanyak 2 lembar, lembar US$10 sebanyak 8 lembar, dan 50 ribu peso Kolombia

17. Tas kecil bewarna hitam merek Dunhill.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD
VIVA Militer: Serangan udara militer Israel ke basis Iran

Drone Israel Berhasil Ditembak Jatuh, Pangkalan Militer Iran jadi Sasaran

Israel membuktikan ancamannya dengan melakukan aksi serangan balas dendam ke Iran. Sejumlah lokasi termasuk pangkalan militer angkatan udara jadi sasaran.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024