Pemudik Sepeda Motor Diimbau Beralih ke Bus

Arus Mudik Di Pelabuhan Merak Mulai Padat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin agar seluruh pemudik dapat tiba dengan selamat dan aman sampai tempat tujuan dalam arus mudik tahun ini. Kementerian Perhubungan memprediksi terjadi peningkatan arus mudik sekitar 15 persen tahun ini.

“Posko sudah disiapkan di hampir semua titik, dilengkapi CCTV plus sirkuit TV dan monitor. Jadi kalau ada kecelakaan, semua pihak terkait seperti tenaga kesehatan dan Polri, bisa turun tangan,” kata Freddy di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin 22 Agustus 2011.

Kemenhub saat ini sedang berupaya melakukan koordinasi, agar para pemudik yang berencana menggunakan sepeda motor, dapat diantar dengan bus gratis, sementara motor mereka diangkut oleh truk. “Kalau bisa menggunakan kapal laut yang kami sediakan, ataupun naik bus gratis. Jadi orangnya diantar, dan motornya dibawa dengan truk,” jelasnya.

Freddy menambahkan, Kemenhub juga sudah menyediakan penambahan gerbong untuk penumpang, dan menempelkan gerbong khusus sepeda motor di setiap rangkaian kereta api. “Disiapkan satu gerbong untuk sepeda motor di setiap kereta api,” kata dia.

Sementara untuk penyeberangan di Pelabuhan Merak, Kemenhub menargetkan 40 armada kapal laut untuk mengangkut pemudik tahun ini. “Kalau bisa ditambah sampai 40 kapal. Sekarang yang beroperasi baru 26 sampai 28 kapal,” ujar Freddy. (adi)

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan
Sheila on 7

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Selasa 23 April 2024:

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024