Seleksi Pimpinan KPK

Istana : Sistem Ranking Sebagai Rambu Moral

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Panitia Seleksi Pimpinan KPK telah menetapkan delapan calon pimpinan KPK yang akan mengikuti tes tahap akhir di Dewan Perwakilan Rakyat. Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan bahwa Istana sama sekali tidak ikut campur dalam fit and proper test yang dilakukan panitia. "Sepenuhnya sudah diserahkan," kata Julian, di Kantor Presiden, Senin 22 Agustus 2011

Presiden, kata Julian, sesuai prosedur menerima hasil assesment panitia seleksi dan kemudian meneruskan ke DPR. "Nanti tinggal bagaimana di DPR. Kita akan melihat apakah DPR setuju dengan empat teratas ini," kata dia

Julian menegaskan bahwa pihak Istana tidak memberikan patokan bahwa DPR harus menerima empat calon yang menduduki empat peringkat teratas.

Hanya saja, Julian menegaskan, bahwa penentuan empat besar tersebut cukup jelas. Pengurutan tersebut, lanjutnya, dilakukan berdasarkan rasionalisasi yang bisa diterima. "Kalau menurut presiden, disebut sebagai rambu moral untuk prioritas penomoran," kata dia.

Sebelumnya panitia seleksi telah menetapkan delapan nama. Pansel juga menetapkan peringkat untuk calon bos KPK ini. Salah satu panitia seleksi, Rheinald Kasali mengatakan, panitia berani merekomendasikan empat peringkat tertinggi. "Kalau 5-8 bukan apa-apa karena ada kewajiban undang-undang harus ada 8," ucapnya.

Penentuan peringkat ini menuai kritik dari Ketua DPR Marzuki Alie.  "Delapan orang adalah orang-orang yang memang pantas menjadi pimpinan KPK. Artinya kalau tidak memenuhi kuota, jangan dimasukkan sebagai calon pimpinan, tetapi realitanya mereka memasukkan dengan nomor urut, dan nomor 5 sampai terakhir seolah-olah menjadi pelengkap, nah ini kan kurang baik," kata Marzuki di DPR, Senin 22 Agustus 2011.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024