Marzuki Jagokan Bambang & Yunus Husein ke KPK

Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Walau tak setuju dengan hasil pemeringkatan Panitia Seleksi atas calon pemimpin KPK, Ketua DPR Marzuki Alie ternyata punya jago. Dan kandidat unggulannya itu tepat berada di peringkat satu dan dua, yakni pengacara Bambang Widjojanto dan Ketua PPATK Yunus Husein.  

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Marzuki menilai, dari delapan calon pemimpin KPK, keduanya memiliki kredibilitas yang baik untuk memimpin KPK. "Ada dua orang yang kita kenal yaitu, Bambang Widjojanto dan Yunus Husein. Kita harapkan mereka, kalau dilihat dari track record-nya yang ada di media," ujar Marzuki di Jakarta, Senin, 22 Agustus 2011. "Tapi, tetap semua kembali bagaimana proses fit and proper test oleh Komisi III DPR." 

Marzuki enggan mengomentari calon lainnnya. Alasannya, dia tidak memiliki data dan tidak tahu track record mereka.

"Saya tidak bisa berikan penilaian, karena saya tidak melakukan seleksi. Tidak tahu track record-nya, pengalaman mereka apa saja, pendidikan mereka apa saja. Perjalanan selama ini bagaimana, saya tidak punya data, jadi saya tidak bisa menilai," katanya.

Sebelumnya, Marzuki Alie menyentil Panitia Seleksi KPK yang memeringkat kedelapan calon pemimpin KPK. Menurutnya, pemeringkatan itu membuat kandidat peringkat lima hingga delapan, hanya pelengkap.

Panitia Seleksi sudah mengumumkan delapan nama yang lolos untuk kemudian diuji di Komisi III DPR berdasarkan peringkat. Mereka adalah Bambang Widjoyanto, Yunus Hussein, Abdullah Hehamahua, Handoyo, Abraham, Zulkarnaen, Adnan Pandu Pradja, dan Ariyanto Sutadi.

Anggota Pansel Rhenald Kasali mengatakan pemeringkatan tersebut dibuat sebagai alat kontrol masyarakat. "Empat top itulah yang top diandalkan. Ini adalah alat kontrol buat masyarakat," kata dia. "Kalau 5-8 bukan apa-apa karena ada kewajiban undang-undang harus ada delapan." (kd)

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024