Menkes: Sopir Angkutan Lebaran Bebas Alkohol

Menteri Kesehatan RI, Endang Rahayu Sedyaningsih.
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri

VIVAnews - Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, memastikan bahwa sopir-sopir angkutan Lebaran ini akan bebas dari pengaruh alkohol. Hasil pemeriksaan tes urine dan sejenisnya sampai sejauh ini, nihil.

"Ternyata pada waktu pemeriksaan saya tanya nihil semua. Dan pada waktu pemeriksaan itu bersama Polri supaya ada tindakan," kata Endang Rahayu Sedyaningsih usai membesuk Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, di RS Medistra, Tebet, Jakarta, Kamis 25 Agustus 2011.

Kendati begitu, Endang mengakui bahwa meski sudah ada pemeriksaan kepada para sopir, kecelakaan masih juga terjadi. Kementerian Kesehatan, kata dia, akan berupaya semaksimal mungkin memberikan tips kepada para awak bus Lebaran untuk beristirahat. "Cuma, apakah berarti kemudian kemungkinan kecelakaan itu tidak ada? Tentu saja ada," ujarnya.

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Bagi Endang, istirahat merupakan cara paling praktis untuk membalikkan kondisi sopir.

Karena, kata dia, dengan beristirahat tentu saja akan menurunkan kemungkinan kecelakaan. Sejumlah daerah menggeler tes urine bagi sejumlah awak bus yang akan membawa angkutan Lebaran. 

Selain tes urine, petugas juga memeriksa uji kelaikan kendaraan yang akan digunakan mengangkut pemudik. Untuk wilayah Lampung, sampai dengan kemarin atau H-6 baru 50 persen kendaraan yang diuji kelaikan. Sisanya belum.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, PT PLN

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh tanah air untuk periode mudik lebaran tahun 2024

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024