26 Ribu TKI Mudik Lebaran

Jumhur Hidayat menyalami TKI
Sumber :
  • Antara/ Benny S Butarbutar

VIVAnews - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mencatat terdapat 26.121 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mudik lebaran. Data ini sejak 1 hingga 24 Agustus 2011.

"Jumlah itu diperkirakan dalam beberapa hari mendatang sampai seminggu setelah lebaran akan bertambah lebih besar lagi," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, Moh Jumhur Hidayat, dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Jumat 26 Agustus 2011.

Berikut ini rinciannya:

Dari 20.428 orang TKI yang mudik lewat Bandara Soekarno-Hatta terbanyak berasal dari Arab Saudi yakni sebanyak 10.528 orang. Kemudian mereka yang mudik dari Malaysia 1.659 orang, Uni Emirat Arab 1.570 orang, Kuwait 1.142 orang, Yordania 1.140 orang, Taiwan 1.107 orang, Oman 710 orang, Hong Kong 678 orang, Qatar 630 orang, Singapura 562 orang, Suriah 237 orang, dan sisanya dari berbagai negara lain.

Dari 3.703 orang TKI yang mudik melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo, terbanyak berasal dari Malaysia 3.405 orang, Singapura 214 orang, Hong Kong 53 orang, Malawi dan Brunei Darussalam masing-masing delapan orang, Korea Selatan empat orang, Macau SAR (special administrative region) tiga orang, dan dari Mali, Kamboja, Samoa, Albania, Uni Emirat Arab, Arab Saudi masing-masing satu orang.

Dari 1.899 orang TKI yang datang di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, juga terbanyak Malaysia 1.493 orang, Singapura 382 orang, Albania delapan orang, Malawi, Macau, dan Brunei masing-masing empat orang, Hong Kong tiga orang, serta Sierra Leon satu orang.

Sedangkan dari 91 orang TKI yang mudik melalui Bandara Selaparang, Mataram, NTB, terbanyak tetap dari Malaysia 42 orang, Brunei Darussalam 13 orang, dari Arab Saudi 32 orang, dan Singapura empat orang.

Jumhur menambahkan, BNP2TKI sudah memiliki sembilan unit layanan pendataan kepulangan TKI di berbagai embarkasi/debarkasi TKI antara lain Nunukan (Kaltim), Tanjungpinang (Kepulauan Riau), Entikong (Kalimantan Barat), Selapajang, Solo, Mataram, Yogyakarta, Bandung, termasuk Surabaya.

Dari sembilan layanan pendataan TKI itu, baru empat yang pendataannya terhubung secara online dengan Kantor BNP2TKI yaitu Selapajang, Solo, Mataram, dan Yogyakarta. (art)

Puji MK Persilakan Pemohon Serahkan Kesimpulan Sengketa Pilpres, Refly: Luar Biasa
Detik-detik Serangan Israel ke Iran (Doc: Fox News)

Bursa Saham Asia Kompak Anjlok Imbas Ekskalasi Konflik Iran-Israel, BEI Buka Suara

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku regulator bursa saham di Tanah Air mengakui bahwa eskalasi konflik antara Iran dan Israel telah membuat bursa saham melemah hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024