90% Dana Rumah Korban Gempa Sumbar Dikucurkan

Rumah terapung untuk korban gempa Sumbar
Sumber :
  • Eri Naldi | Padang

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan telah menyalurkan dana bantuan pembangunan 162.525 rumah korban bencana gempa bumi Sumatera Barat (Sumbar). Ini berarti 90 persen dari total kebutuhan 181.995 unit rumah.

"BNPB telah memberikan dana kepada Pemda Provinsi Sumbar sejak 2009 hingga sekarang mencapai Rp2,6 triliun," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Jumat, 2 September 2011.

Data BNPB menunjukkan, dana stimulus dari pemerintah tersebut dialokasikan untuk membantu pembangunan rumah dengan kondisi rusak berat sebanyak 102.692 unit dari kebutuhan 114.797 unit dan rumah rusak sedang sebanyak 59.833 unit dari kebutuhan 67.198 unit.

Pembangunan perumahan itu digelar di 10 kabupaten dan kota, yaitu Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Tanah Datar.

Penyaluran dana telah dilakukan tiga kali, yaitu tahun 2009 sebesar Rp313 miliar, tahun 2010 sebesar Rp2 triliun, dan tahap pertama di tahun 2011 sebesar Rp300 miliar. "Saat ini sedang disiapkan Rp400 miliar lebih yang berasal dari bantuan luar negeri untuk diserahkan kepada Pemda Sumbar," kata Sutopo.

Dia menambahkan, total kerusakan dan kerugian akibat gempa bumi Sumbar sendiri ditaksir mencapai Rp21,6 triliun. Untuk kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi diperkirakan memerlukan dana sekitar Rp6,4 triliun. "Kekurangannya diharapkan diselesaikan melalui APBN-P 2011," ujarnya.

Selain perumahan, rencananya dana bantuan Sumbar juga akan dialokasikan bagi pembangunan di empat sektor lain, yaitu infrastruktur, sosial, ekonomi produktif dan lintas sektor. (kd)

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur
Nathan Tjoe-A-On

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

PSSI sedang berusaha mendapatkan izin dari SC Heerenven agar mau kembali melepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di babak perempat final.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024