Taman Pintar Yogya Diserbu Pemudik

Mengunjungi sumur gumuling di kawasan wisata Taman Sari Yogyakarta
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro

VIVAnews - Lebaran rupanya sudah terasosiasi dengan liburan. Di Yogyakarta, sejumlah tempat wisata termasuk yang bernilai edukasi ramai diserbu para pemudik.

Seperti objek wisata Taman Pintar, memasuki hari ketiga lebaran semakin ramai dikunjungi. Pada Sabtu 3 September 2011, Taman Pintar dikunjungi lebih dari 4.000 orang.

Ita Rustanti, kepala Taman Pintar Yogyakarta, mengatakan pada Jumat, 2 September 2011, pengunjung tercatat 4.372 orang atau meningkat 30 persen dibandingkan kondisi normal yang hanya tiga ribuan. "Jumlah pengunjung sejak lebaran hari pertama memang melonjak," kata Ita, Sabtu, 3 September 2011.

Hari Sabtu, Taman Pintar hanya buka setengah hari mulai 12.30-16.30 WIB. "Kami tidak saklek menerapkan operasional. Meskipun operasional mendekati jam tutup, namun pengunjung masih banyak, tetap memberikan kesempatan beberapa saat. Sebab, pengunjung berasal dari Jakarta, Bogor, Bandung, dan Jateng," katanya.

Ita mengatakan, sebagian besar pengunjung adalah keluarga. Tiket pun dijual dengan harga normal, Rp8 ribu untuk anak-anak dan Rp15 ribu dewasa.

"Dari 20 wahana, yang paling diminati adalah pengenalan teknologi informasi (TI) sensorik menggunakan step magic dan sumber energi listrik menggunakan vangrats. Dengan banyaknya pengunjung, konsekuensinya banyak alat peraga yang rusak, namun bisa diatasi dengan pemeliharaan dan perbaikan rutin," katanya.

Tak hanya objek wisata Taman Pintar yang dikunjungi para pemudik. Kawasan Malioboro yang merupakan tujuan utama wisatawan untuk berbelanja juga dikunjungi oleh puluhan ribu wisatawan. Sumarni, pedagang batik di Jalan Malioboro, mengatakan wisatawan yang datang ke Malioboro biasanya baru saja pulang dari Taman Pintar atau Keraton Yogyakarta.

"Setelah mengunjungi Taman Pintar atau Keraton Yogyakarta, wisatawan berkunjung ke Malioboro," katanya.

Serbuan wisatawan dengan tujuan Keraton, Taman Pintar, dan Malioboro membuat berbagai ruas jalan Kota Yogyakarta khususnya Jalan Malioboro, Panembahan Senopati, Achmad Dahlan, Mataram, dan sebagainya macet karena padatnya kendaraan yang hendak menuju Malioboro.  Kondisi yang sama juga terjadi di Jalan Panembahan Senopati, karena membeludaknya pengunjung Taman Pintar. (art)

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 17 April 2024

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Wasit Nasrullo Kabirov menjadi sorotan. Netizen menyerang pengadil asal Tajikistan tersebut karena dianggap banyak merugikan Garuda Muda.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024