Ratusan Pendatang Terjaring Operasi Yustisi

Operasi Yustisi di DKI Jakarta
Sumber :
  • Antara/Widodo S

Vivanews - Memasuki arus balik Lebaran 2011 adalah masa bagi para pendatang untuk mengadu nasib di kota besar. Fakta ini membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung melakukan Operasi Yustisi untuk menjaring para pendatang yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk  Kota Bandung.

Alhasil, pada operasi yang berlangsung Sabtu dan Minggu, 3-4 September 2011 tersebut, sekitar 200 orang pendatang yang tidak memiliki KTP Bandung berhasil terjaring. Kasie Pengawasan dan Yustisi, Taspen Effendi mengatakan operasi digelar di beberapa titik kedatangan para pendatang seperti di Stasiun Kiaracondong, Stasiun Bandung, Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwi Panjang.

"Tujuannya untuk meminimaisir jumlah penduduk yang baru namun tidak memiliki keahlian dan hanya luntang-lantung di Kota Bandung. Jika tidak jelas maka akan dikembalikan ke daerah asalnya," jelasnya

Dalam operasi tersebut pihaknya tidak memberikan sanksi. Petugas hanya mendata dan mensosialisasikan kepada para pendatang supaya memiliki KTP Kota Bandung atau Surat Keterangan Tinggal Sementara. "Para pendatang harus melapor ke RT/RW setempat, supaya terdata. Jadi, kalau terjadi apa-apa bisa segera diketahui, dan ini demi kebaikan mereka," katanya.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, para pendatang yang baru turun dari kereta api langsung dimintai KTPnya. Pendatang yang tidak bisa memenuhi permintaan petugas langsung digiring menuju tenda pos Yustisi untuk didata.

Dalam razia tersebut, kebanyakan para pendatang yang terkena razia berasal dari kalangan mahasiswa dan buruh pabrik. Mereka datang dengan membawa tas serta dus-dus yang berisikan oleh-oleh.

Salah seorang pendatang yang terjaring operasi, Yuni, 19, menyatakan tidak keberatan adanya razia yustisi itu. Warga asal Kebumen, Jawa Tengah itu pun mengakui belum mempunyai KTP Kota Bandung. "Surat keterangan tinggal sementara yang saya buat masih dalam proses di RT," ujar mahasiswa UPI ini. (Laporan: Dani Wahyu Ramdani | Bandung, umi)

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024