Emil Salim: Saya Tak Berniat Jatuhkan Rektor

emil salim
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pidato berjudul, "Membangun Tata Kelola UI Berhati Nurani" dibacakan Profesor Emil Salim dalam acara halal bihalal di Universitas Indonesia hari ini, Senin 5 September 2011. Judul yang berbeda dengan yang direncanakan sebelumnya, "Sengkarut Rektor, Raja, dan Ruyati".

Ada alasan Emil menyampaikan orasinya itu. "Semula saya risih menyampaikan "orasi ilmiah" dalam kesempatan acara halal bi halal yang sarat dengan semangat persaudaraan, kekeluargaan antara kita sesama anggota civitas academika Fakultas Ekonomi khususnya dan Universitas Indonesia umumnya," ujar Emil di Gedung FE UI, Depok, Senin, 5 September 2011.

Emil juga mengaku khawatir bahwa orasi ilmiah bisa dijadikan alat politik menghantam dan menggoreng pemerintah oleh media pers dan kalangan yang kurang menyukai pemerintah.

Namun, dia menambahkan, ratusan SMS dan surat elektronik yang datang bertubi-tubi membuatnya tertegun. Pesan-pesan yang datangĀ  mengungkapkan keprihatinan terhadap buruknya tata kelola pimpinan Universitas yang berujung pada saran menurunkan Rektor UI.

"Kali ini agak istimewa karena secara luas melalui media sosial saya ditodong untuk memberikan orasi ilmiah dengan judul yang bukan saya ciptakan tentang pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada Raja Arab Saudi beberapa waktu lalu," kata dia.

Dari sekian banyak SMS dan surat elektronik yang diterima, kata dia, tersimpul kehausan pada tata kelola Universitas Indonesia yang lebih baik dan bertumpu pada keinginan agar bisa ditegakkan pola managemen yang transparan, akuntabilitas dalam pelaksanaan, partisipasi dari para penopang kepentingan dalam universitas, berkembang subur sistem check and balances dalam pengelolaan universitas, dan tumbuhnya suasana kreatifitas bebas dari rasa ketakutan untuk berbeda pendapat dalam kampus universitas.

"Saya tidak ada niat untuk menjatuhkan rektor. Saya hanya bicara statuta dan aturan yang berlaku. Ya kan masih punya waktu tiga tahun lagi untuk memperbaiki," ujarnya.

Dalam orasi yang dihadiri oleh ratusan civitas UI ini berjalan lancar hingga acara selesai. (umi)

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024