Gempa Aceh 6,7 SR, Warga Mengungsi ke Bukit

Gempa Di Aceh
Sumber :
  • AP Photo/Heri Juanda

VIVAnews - Gempa 6,7 skala Richter yang mengguncang Singkil Baru, Nanggroe Aceh Darussalam, sempat membuat warga lari ke perbukitan. Mereka khawatir akan terjadi bencana tsunami pasca gempa yang berada di kedalaman 78 kilometer itu.

Sobki, warga Singkil yang dihubungi VIVAnews.com menyebutkan, sebagian warga Singkil yang berada di pinggiran pantai kini memilih meninggalkan rumah mereka dan mencari tempat yang lebih aman.

"Hanya sebagian saja yang pergi ke arah Kecamatan Gunung Meriah, di sana daerah perbukitan. Tapi, banyak juga warga yang tetap bertahan di rumahnya," kata Sobki kepada VIVAnews.com, Selasa 6 September 2011.

Saat gempa terjadi, Sobki mengaku merasakan getaran gempa yang cukup kuat. "Barang-barang di rumah saya ada yang berjatuhan," kata dia. Hingga kini belum diperoleh informasi adanya kerusakan bangunan maupun korban jiwa dalam peristiwa itu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan gempa terjadi pada pukul 00.55.12 WIB di kedalaman 78 kilometer. Pusat gempa berada sekitar 59 kilometer Timur Laut Singkil Baru, NAD.

Gempa dirasakan hampir di seluruh wilayah di Aceh. Di Banda Aceh gempa dirasakan dengan dua kali hentakan. Warga panik dan berhamburan keluar rumah. Belum diketahui adanya korban jiwa. "Getarannya cukup kuat, tapi belum ada laporan kerusakan," kata Munawier, warga Beurawe, Banda Aceh.

Sementara itu, di Pulau Simeulue, gempa juga dirasakan cukup kuat. "Getarannya kencang sekali, bangunan rumah sakit seperti mau roboh," kata Ivonda Sari, perawat di rumah sakit umum Simeulue. (Laporan: Muhammad Riza, Aceh l art)

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji
Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan U-23

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Unggul juimlah pemain, Timnas Indonesia U-23 malah kebobolan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024