Pesepeda Motor Terbanyak Korban Tewas Mudik

Menteri Perhubungan, Freddy Numberi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan korban meninggal dalam masa mudik lebaran kebanyakan adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Kecelakaan diduga akibat pengemudi yang lelah dan mengantuk.

"Sepeda motor cukup tinggi ya, persentasi saya tidak lihat, tapi lebih banyak sepeda motor," kata Freddy, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 6 September 2011.

Soal penyebab kecelakaan, Freddy menduga karena pengemudi lelah dan mengantuk. Sehingga kecelakaan kendaraan tidak dapat terhindarkan. "Angka kecelakaan tadi saya bilang kalau orang tidur kita mau ngomong apa, orang lelah kita mau ngomong apa?" kata dia.

Kecuali, kata Freddy jika penyebab kecelakaan adalah rusaknya kendaraan dia akan mengambil tindakan melalui perusahaan jasa transportasi. "Tapi kalau orang lelah musti kita kasih apa, pil ekstasi supaya dia tidak lelah?" kata dia.

Ke depannya, Freddy mengatakan akan ada antisipasi untuk pengetatan peraturan pengedara sepeda motor. "Itu yang mau kita bikin supaya kalau bisa aturan mainnya kita perketat," kaya dia.

Hanya saja Freddy belum bisa menyebut seperti apa pengetatan yang bakal diberlakukan. "Mungkin di rest area mereka dipaksa harus turun, dicek kelelahan atau tidak," ucapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya akan mengupayakan perluasan fasilitas. "Kita perbesar rest area. Jembatan timbang kan tidak kita pakai," ujarnya. (eh)

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series
Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan membutuhkan 6,7 juta ton beras per tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024