7 Tewas, Jasa Marga Bantah Cipularang Rawan

Kecelakaan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pihak Jasa Marga menegaskan bahwa ruas tol Cipularang sudah memiliki rambu-rambu yang lengkap, termasuk sarana penerangan jalan. Penegasan ini disampaikan terkait kembali terjadinya kecelakaan yang menewaskan tujuh orang di tol Purbaleunyi tepatnya di KM 93+100.

Lokasi ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari pedangdut Saipul Jamil tabrakan yang mengakibatkan istrinya tewas, Virginia Anggraeni, di KM 96+500.

"Enam orang tewas di tempat. Saya tidak tahu kalau ada yang meninggal susulan. Kejadian sekitar pukul lima tadi pagi," kata Kepala Humas Jasa Marga Purbaleunyi, Iwan Mulyawan, kepada VIVAnews.com, Rabu 7 September 2011.

Menurut Iwan, para penumpang yang tewas itu berasal dari satu mobil elf pariwisata, kemungkinan mobil sewaan. Mobil elf sarat penumpang itu menabrak bagian belakang truk. "Diduga sopir mengantuk," kata Iwan.

Iwan membantah bahwa sarana penerang jalan di sepanjang ruas tol Cipularang kurang baik. Apalagi kejadian kecelakaan pagi tadi berlangsung sekitar pukul empat atau lima pagi. Menurutnya, di sepanjang jalan tol Cipularang terdapat 30 tiang listrik besar yang masing-masing tiangnya memiliki penerangan 1.000 watt.

"Tidak hanya itu, ada 370 titik penerangan jalan umum yang menggunakan PLN maupun tenaga matahari. Di KM 92, tak jauh dari lokasi kejadian ada tiang listrik 1.000 watt," ujar Iwan. Di lokasi KM 92 ada daerah rawan longsor.

Maka itu, Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan mematuhi imbauan dan rambu-rambu lalu lintas. Bila kondisi sopir mengantuk atau kurang fit sebaiknya langsung istirahat.

"Rambu-rambu semua lengkap. Ada peringatan turunan panjang, jalur pendakian, awas belokan, kabut, angin samping, sampai awas jaga jarak," kata dia. "Tidak ada lokasi yang rawan, asalkan rambu dipatuhi." (umi)

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024