YLKI: Ada yang Salah dengan Tol Cipularang

Saipul Jamil
Sumber :
  • VIVAnews/ Fernando Randy

VIVAnews - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menilai ada sesuatu yang salah di ruas tol Cipularang, terutama di Purbaleunyi. Dengan kejadian berulang hanya dalam waktu singkat, YLKI menilai perlu ada audit total dan sinergi untuk menguji kelaikan jalan.

"Jangan semata-mata pengguna jalan yang disalahkan," kata pengurus harian YLKI, Tulus Abadi, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Rabu 7 September 2011. Menurut Tulus, perlu ada audit di lokasi kilometer yang terus terjadi kecelakaan.

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah

Pedangdut Saipul Jamil pada Sabtu 3 September 2011 mengalami kecelakaan di KM 96+500 yang menewaskan istrinya, Virginia Anggraeni.  Shubuh tadi, mobil elf yang disewa penumpang menabrak bagian belakang truk di KM 93+100. Akibatnya, enam orang tewas di tempat dan tujuh lainnya mengalami luka-luka.

"Tidak mungkin ada kejadian berulang kalau tidak ada yang salah dari sisi teknis. Lokasi itu harus diaudit, apakah sudah memenuhi standar kelaikan ideal atau sebaliknya?" tegas Tulus. Audit itu bisa dilakukan terhadap disain jalan tol, kontur tanah, atau penataan rambu lalu lintas.

Sebelumnya menurut Kepala Humas Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Iwan Mulyawan, rambu lalu lintas dan sarana penerangan jalan umum di Cipularang sudah sangat baik. Semua rambu sudah terpampang jelas.

Tapi menurut Tulus, bila kecelakaan di lokasi serupa masih terjadi, berarti pengemudi belum tahu betul bahwa daerah itu berbahaya. "Kalau Jasa Marga sudah mengklaim baik, apakah cukup efektif pesan yang ada? Apakah rambu itu sudah diterima dengan baik?" kata dia.

Zara, anak Ridwan Kamil.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Meskipun masih ada yang mengkritiknya, banyak juga yang merasa lega karena putri Ridwan Kamil dan Atalia Praratya ini tidak memiliki niat untuk berpenampilan terbuka.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024